23.4 C
New York
Saturday, August 10, 2024

Pesan Bupati Darma Wijaya di Lomba Memancing Hari Jadi Sergai

Sergai, MISTAR.ID

Bupati Darma Wijaya menghadiri kegiatan Lomba Memancing Ikan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-20 Serdang Bedagai (Sergai) di BPAT Belidaan, Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Jumat (5/1/24).

Lomba memancing ini diselenggarakan Dinas Perikanan Sergai dan diikuti seratusan peserta dengan dua kategori pemenang, yaitu jumlah ikan terberat dan terbanyak yang didapatkan peserta.

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan, bahwa tanggal 7 Januari 2004, atau 20 tahun yang lalu, Kabupaten Sergai lahir dari semangat otonomi daerah, semangat untuk mempercepat pemerataan pembangunan.

Baca Juga: Geger Mayat Misterius Tinggal Tulang Ditemukan di Perdagangan

“Usia 20 tahun bagi seorang pemuda, tentulah usia puncak bagi dirinya dalam menentukan arah dan tujuan menggapai cita-citanya sesuai dengan potensi dan keinginannya dengan beragam perencanaan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, layaknya remaja pada usia 20-an, Kabupaten Sergai terus berbenah diri.

“Untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Sergai dengan visinya maju terus, mandiri sejahtera religius, terus kami upayakan pemerataan pembangunan yang salah satunya adalah di sektor perikanan,” katanya.

Lomba memancing ini, lanjut Darma Wijaya, merupakan salah satu upaya keberlanjutan pengelolaan sumber daya perikanan di Sergai.

“Para pemancing adalah pahlawan dalam menjaga sumber daya alam di lingkungan perairan,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, masih banyak temui orang yang tidak bertanggung jawab dan menangkap ikan dengan cara merusak lingkungan, seperti menggunakan setrum, maupun racun.

Baca Juga: Penanganan Rohingya di Sumut Tak Bisa Dilakukan Sendiri

“Praktik, yang kalau boleh saya katakan serakah, dan tidak sabaran tersebut, bisa mengancam keberadaan ikan-ikan lokal di perairan kita,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjut Darma Wijaya, para pemancing adalah orang yang sabar dan tidak serakah seperti halnya para perusak lingkungan tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Lomba Memancing ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai.

“Dengan Semangat Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai ini, mari kita bersama mendukung Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius dengan pertanian dan perikanan yang berkelanjutan melalui kegiatan seperti memancing supaya kegiatan positif ini semakin membudaya di masyarakat,” pungkasnya. (Damanik/hm22)

Related Articles

Latest Articles