19.3 C
New York
Monday, September 30, 2024

Pasca Gempa di Jepang, 51 Orang Dinyatakan Masih Hilang

Tokyo, MISTAR.ID

Hingga hari ini, sebanyak 51 orang dinyatakan hilang pasca gempa bumi 7,4 magnitudo yang menghantam Jepang. Tim penyelamat masih berjuang untuk mencapai orang yang masih belum terjangkau bantuan. Gempa itu sendiri dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 78 orang.

Ketika pencarian korban selamat terus berlanjut, Kamis (4/1/24), belasan orang masih terisolasi akibat tanah longsor dan jalan-jalan yang rusak di Jepang tengah.
Menurut pemerintah setempat, gempa utama yang dahsyat, diikuti ratusan gempa susulan, melukai sedikitnya 330 orang. Pihak berwenang juga menerbitkan daftar 51 orang pada hari Kamis yang keberadaannya tidak dapat dikonfirmasi.

Sekitar 29.000 rumah tangga di prefektur Ishikawa di pesisir Laut Jepang tidak mendapat aliran listrik, dan lebih dari 110.000 rumah di Ishikawa dan dua wilayah tetangganya tidak memiliki air.

Baca Juga : Jumlah Korban Tewas Gempa Jepang Terkini 57 Orang

Akses terhadap komunitas-komunitas kecil di wilayah Semenanjung Noto yang terkena dampak paling parah, telah terputus – dengan 300 orang menunggu bantuan di sebuah sekolah di kota Ooya di wilayah Suzu.

“Bahkan jika saya memberikan makanan kepada anak-anak saya, itu tidak cukup. Saya hampir tidak makan apa pun selama dua hari terakhir,” kata seorang wanita berusia 30-an tahun dengan tiga anak di Suzu kepada surat kabar Asahi Shimbun.

Gempa dahsyat pada hari Senin itu memicu gelombang tsunami setinggi setidaknya 1,2 meter (empat kaki) di Wajima, dan serangkaian tsunami yang lebih kecil dilaporkan di tempat-tempat lain. Media penyiaran NHK melaporkan bahwa satu orang tersapu tsunami di daerah Suzu di Noto, dan penjaga pantai sedang menyelidikinya. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles