21.1 C
New York
Monday, August 19, 2024

Ribuan Gempa Terjadi di Sumut dan Aceh Sepanjang 2023

Simalungun, MISTAR.ID

Sebanyak 2.000 kali gempa bumi terjadi di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh sepanjang tahun 2023. BMKG Wilayah I Medan menangkap kejadian gempa yang terjadi ribuan kali itu melalui sistem monitoring 24 jam dengan mengandalkan sebaran sensor gempa bumi di daratan Sumatera.

Muh Hanif Zarkasi, selaku Seismologist BMKG Wilayah I mengatakan, kejadian gempa wilayah Utara Sumatera menjadi tanggung jawab Pusat Gempa Regional I.

“Dari 2.000 kali kejadian gempa, sekitar 56 kejadian gempa dirasakan. Hal ini menjadi suatu perhatian khusus bagi kami untuk lebih lagi memahami proses tektonik dan seismisitas di wilayah Sumut dan Aceh,” ujarnya, Kamis (28/12/23).

Sementara itu, Ketua Tim Seismologist BMKG Wilayah I Chichi Nurhafizah menjelaskan, aktivitas gempa yang dianalisis terjadi dari dua sumber utama yaitu zona subduksi dan megathrust di Samudra Hindia dan patahan aktif Sumatera.

“Zona aktif subduksi Sumatra dibentuk oleh pergerakan lempeng tektonik dari Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia dengan kecepatan 5 – 6 cm/tahun akibat densitas yang lebih besar,” ungkapnya.

Baca Juga : Gempa Bumi Tektonik Goyang Banda Aceh, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Penunjaman tersebut menyebabkan palung Samudra Hindia dan beberapa pulau di depan Sumatera, serta patahan Sumatera yang cenderung bergerak menganan serta beberapa kejadian gempa dan tsunami.

“Patahan Sumatera sendiri bergerak 1 – 2 cm/tahun, walaupun lebih kecil tapi efek kerusakannya lebih besar karena dekat dengan pemukiman. Seperti gempa Tarutung 2022 dengan M 6.2 dan Pidie Jaya di 2017 dengan M 6.7,” jelasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles