16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Dibuka Museum di China Pajang Mural Umur 1.500 Tahun

Taiyuan, MISTAR.ID

Museum yang mengekspos lukisan dengan media dinding atau mural berusia sekitar 1.500 tahun lalu, yakni masa Dinasti Qi Utara (550-557), resmi dibuka di Taiyuan, Provinsi Shanxi, China, pada Rabu (20/12/23).

Berlokasi di Desa Wangjiafeng Distrik Yingze, Museum Mural Dinasti Qi Utara Taiyuan dibuat sesuai sejumlah penemuan arkeologis di salah satu makam dari zaman dinasti tersebut, yang pertama dari jenisnya di Negeri Tirai Bambu ini.

Kuburan Xu Xianxiu, seorang pejabat terkenal pada waktu itu dinilai mempunyai mural-mural yang paling terawat dari masa Qi Utara, yang tersebar di wilayah seluas lebih dari 300 meter persegi.

Baca juga:Mural Purba Ditemukan di Qinghai, China Barat Laut

Kurator museum, Wang Jiang menjelaskan, mural-mural itu meliputi sejumlah gambar yang menggambarkan kehidupan Xu dan istrinya, seperti suasana jamuan dan tamasya.

“Bukan hanya menampilkan keterampilan artistik fase tinggi pada era itu, namun juga memberikan wawasan perihal gaya hidup mewah para bangsawan di dinasti tersebut,” paparnya.

Supaya memastikan kelestariannya, makam ditutup dengan suhu dan kelembaban yang disetel di museum tersebut. Para pengunjung bisa menikmati mural-mural melalui teknologi realitas virtual (VR).

Sejumlah mural yang dijumpai di makam-makam dari akhir Dinasti Qi Utara (439-581) di provinsi itu juga ditampilkan di museum tersebut. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles