21.9 C
New York
Wednesday, August 7, 2024

Kisah Ibu Hebat yang Mendukung Perkembangan Anak Tuna Rungu

Medan, MISTAR.ID

Sebuah kisah inspiratif datang dari Lili Marlina, seorang ibu yang begitu setia mendampingi putrinya, Salsabila Amalia (21), yang merupakan anak tuna rungu. Dalam wawancara di SLB Negeri Pembina pada Senin (11/12/23), Marlina membagikan pengalamannya sebagai orangtua dan pendukung utama Salsabila.

Marlina, yang juga seorang ibu dari tiga anak, ini menjelaskan dedikasinya dalam mendukung pendidikan anak-anaknya. “Anak saya kuliah di Sekolah Tinggi Pangeran Antasari, semester lima dan setiap dia pulang kuliah, pasti saya di sini untuk mendukungnya. Saya bantu-bantu Ibu guru pengajar tata busana di sini mendampingi anak-anak SMP dalam kegiatan menjahit,” ungkapnya.

Ibu hebat ini menjelaskan bahwa keputusannya untuk terlibat dalam kegiatan membantu anak-anak bukan karena rasa bosan, melainkan dorongan untuk terus belajar. “Saya tidak merasa bosan, karena kita semua belajar bersama. Kami saling mengisi pengetahuan, dan kami punya keinginan untuk terus maju,” paparnya dengan semangat.

Baca juga: Cerita Guru SLB, Berhasil Mendidik Anak Disabilitas Buka Usaha

Ia menceritakan bagaimana putri sulungnya, Salsabila telah mencapai prestasi tingkat nasional dalam lomba keterampilan menari dan menjahit. Semua pencapaian itu bisa diraih Salsabila, karena ia terus mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtuanya. Marlina merinci, “Saya selalu ikuti dia ke mana-mana, terlibat dalam kegiatan sekolah, bahkan jika dia tampil di luar, saya selalu mendukungnya. Begitu juga bapaknya, alhamdulillah sangat mendukung.”

Mengenai peran orangtua dalam melatih keterampilan anak-anak disabilitas, Marlina punya pendapat yang menarik. Ia menekankan pentingnya melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat. “Melatih keterampilan sangat penting, terutama untuk anak berkebutuhan khusus. Jika tidak, mereka akan kesulitan di masa depan. Keterampilan ini membuka peluang baru bagi mereka,” tegasnya.

Baca juga: Kolaborasi Inovatif, SLB Negeri Pembina Gandeng 6 Perguruan Tinggi Swasta

Menyoroti prestasi Salsabila dalam dunia seni, Marlina berbagi kebanggaannya. Salsabila memiliki kelebihan di bidang make up dan menari. Dia bahkan pernah menjadi juara tingkat nasional. “Anak saya juara tingkat nasional untuk keterampilan make up dan menarik. Ini membuktikan bahwa anak-anak disabilitas juga memiliki potensi besar jika diberi dukungan yang cukup,” sambungnya.

Terakhir, Marlina menyampaikan harapannya agar lebih banyak dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk anak-anak disabilitas. “Kami membutuhkan perhatian lebih, terutama dalam hal pendidikan dan pelatihan keterampilan. Semoga semua anak disabilitas mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang dan mencapai impian mereka,” pungkas Marlina. (Hutajulu/hm17).

Related Articles

Latest Articles