16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Warga Siantar Diimbau Waspadai DBD Saat Musim Hujan

Simalungun, MISTAR.ID

Memasuki musim hujan, Puskesmas Batu Anam Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dangue (DBD). Sisa genangan air hujan dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk yang bisa menularkan penyakit.

Kepala Puskesmas Batu Anam, Guntur Manurung mengatakan, banyak penyakit yang penularannya melalui genangan air saat sekarang ini. Oleh sebab itu, genangan air perlu diwaspadai baik di cekungan tanah, kaleng-kaleng bekas dan tempat pembuangan sampah yang terdapat di lingkungan rumah.

“Pada genangan air itu biasanya muncul nyamuk-nyamuk dan yang kita khwatirkan nyamuk DBD yang biasanya menyerang tanpa kita sadari, tiba-tiba kasusnya melonjak,” ujarnya, Kamis (23/11/23).

Guntur mengatakan, untuk itu perlu langkah antisipasi melalui gerakan-gerakan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih, diantaranya masyarakat dapat bekerja bakti membersihkan lingkungan dan memperbaiki saluran air.

“Kami juga akan melakukan langkah-langkah atau menindaklanjuti laporan dari warga ataupun rumah sakit, dengan menyisir sekitar 20 rumah dari lokasi kasus DBD atau penyakit musim penghujan lainnya untuk mengetahui kondisi sekitar lingkungan tersebut,” terangnya.

Baca Juga : Kasus DBD di Medan Menurun Sejak Dua Bulan Terakhir

Menurut Guntur, jika ditemukan banyak jentik nyamuk atau lima rumah lebih positif terdapat jentik nyamuk, maka akan dilakukan tindak lanjut, seperti kerja bakti, penyebaran bubuk abate hingga pengasapan atau fogging.

“Semoga dengan imbauan ini masyarakat semakin mewaspadai genangan air di sekitar rumah,” tuturnya. (abdi/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles