15.5 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Prediksi Alexa Perang Dunia 3 Terjadi Ketika Rusia Serang Jerman

Moskow, MISTAR.ID

Gelagat Perang Dunia 3 kerap bermunculan sejalan dengan perseteruan geopolitik yang makin tajam di beberapa area.

Justru kepintaran buatan (artificial intelligence/AI) Amazon, Alexa, telah memiliki perkiraan sendiri. Sebuah video memvisualkan tanggapan Alexa yang terperinci usai ditanya kapan kontak senjata besar itu pecah.

“Perang Dunia 3 diawali pada 23 November 2023 pukul 18:05, saat Rusia melancarkan serbuan pada Jerman,” sebut Alexa sebagaimana dilansir dari Daily Star, pada Senin (13/11/23).

Baca juga:Elon Musk Sebut Konflik di Timur Tengah dan Ukraina Bisa Sebabkan Perang Dunia Ketiga

Walaupun begitu, banyak pihak yang menyangsikan perihal ini. Wakil Presiden Amazon Alexa, Steve Rabuchin dengan jelas menyatakan, jawaban Alexa bisa dipersonalisasi.

Jawaban Alexa ini sendiri terlaksana sesaat usai Ketua Komite Militer pakta pertahanan NATO, Rob Bauer, membeberkan kesiapan aliansi itu dalam menghadapi konfrontasi langsung dengan Rusia. Hal ini terjadi ketika hubungan antara aliansi itu dan Moskow berada dalam titik terpanas dampak perang di Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan TV RTP Portugal, Bauer menuturkan,  pihak NATO telah mempersiapkan hal ini dengan membuat beberapa kelompok pertempuran di sepanjang sayap timurnya. Ia membeberkan pakta pertahanan itu bakal menambah lagi kekuatan di Slovakia, Hungaria, Rumania dan Bulgaria.

Baca juga:Konflik Rusia – Ukraina Bisa Memicu Perang Dunia

Namun kini, dengan kondisi serbuan Rusia ke Ukraina, Bauer membeberkan, Moskow mempunyai peranan besar dalam mendorong sikap militer aliansi itu.

Rusia menyerbu Ukraina mulai Februari tahun 2022 akibat niatan Kyiv bergabung dengan NATO. Aliansi ini telah lama dianggap sebagai musuh Moskow, sehingga masuknya Ukraina dalam NATO dianggap menjadi sesuatu yang menjadi ancaman keamanannya.

Hingga kini sejumlah patron NATO seperti Amerika Serikat (AS), Inggris dan Jerman sudah memberikan dukungan persenjataan terhadap Ukraina untuk mengusir balik tentara Rusia.

Baca juga:Rusia: Bersiap Serang Moskow, AS dan Sekutu Picu Perang Dunia III

Keadaan dunia juga diperparah kontak senjata di Gaza yang pecah sejak 7 Oktober 2023. Hamas menyerbu Israel dan dibalas Negeri Yahudi tersebut. Namun, serbuan Israel justru lebih banyak mengenai warga sipil sehingga memunculkan krisis kemanusiaan di sana.

Beberapa negara pun sudah buka suara terkait perang tersebut. Bahkan, sejumlah negara di antaranya secara tegas berpihak ke salah satu kubu, sehingga memantik risiko ketegangan geopolitik yang melebar. (cnbc/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles