16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Menteri Pertahanan China Hilang MIsterius

Beijing, MISTAR.ID

Menteri Pertahanan (Menhan) China Li Shangfu menghilang secara misterius setelah beberapa minggu tidak muncul di depan publik. Pekan lalu, Li dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin pertahanan utama Vietnam namun tiba-tiba mengundurkan diri dari pertemuan tersebut.

Seperti diberitakan Reuters pada Jumat (15/9/23),Li diperkirakan akan menghadiri pertemuan tahunan untuk membahas kerja sama pertahanan yang diselenggarakan oleh otoritas Vietnam di perbatasan dengan Tiongkok. Pertemuan dijadwalkan pada 7 dan 8 September.

Namun pertemuan tersebut tiba-tiba dibatalkan setelah Beijing, menurut dua pejabat Vietnam yang tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Hanoi beberapa hari sebelum acara bahwa Li mempunyai “masalah kesehatan.”

Baca juga: China: Deklarasi G20 Delhi Memberikan Sinyal Positif

Pembatalan pertemuan secara tiba-tiba dan alasan yang diberikan oleh pihak Tiongkok pertama kali dilaporkan oleh Reuters.

Kantor Penerangan Dewan Negara Tiongkok serta Kementerian Pertahanan Nasional dan Kementerian Luar Negeri tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai pembatalan pertemuan dengan Vietnam. Kedutaan Besar Vietnam di Beijing belum memberikan komentar resmi mengenai kasus ini.

Pembatalan tiba-tiba ini terjadi setelah Tiongkok mempunyai masalah serupa dengan Menteri Luar Negeri Qin Gang, yang akhirnya diberhentikan dan diganti pada Juli lalu setelah lama absen dari publik.

Baca juga: Inggris Blokir Teknologi China, Takut Antek Mata-Mata Beijing

Tak hanya menggulingkan Qin, pemerintah Tiongkok juga mereformasi kepemimpinan Tim Roket, sebuah kekuatan elit di Tentara Pembebasan Rakyat, atau militer Tiongkok. Situasi dan tindakan Beijing telah menimbulkan pertanyaan mengenai pengambilan keputusan para pemimpin negara tersebut. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles