19.7 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Jarang Diketahui, 30 Agustus Merupakan Peringatan Hari Apa?

Medan, MISTAR.ID

Tahukah Anda? Tanggal 30 Agustus adalah Hari Hiu Paus Internasional. Peringatan ini sekaligus menjadi ajakan untuk mengenal hiu paus, hiu terbesar di muka bumi.

Tujuan utama Hari Hiu Paus Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang spesies ikan yang terancam punah dan pentingnya mereka bagi lingkungan laut. Berikut informasi lebih lanjut.

Tentang hiu paus

Menurut situs WWF, hiu paus (Rhincodon typus) merupakan spesies hiu terbesar. Mereka memakan plankton dan melakukan perjalanan jarak jauh untuk mencari makanan yang cukup untuk mempertahankan ukurannya yang besar dan berkembang biak.

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional 2023, ini Pesan Wali Kota Padang Sidempuan

Hiu paus ditemukan di seluruh lautan tropis di dunia. Warna bintik putihnya membuat raksasa ini mudah dibedakan dan populer di kalangan perenang snorkel maupun penyelam di tempat mereka berkumpul di lepas pantai.

Hiu paus kepala datar memiliki moncong tumpul di atas mulutnya dengan antena pendek yang menonjol dari lubang hidungnya. Bagian belakang dan samping berwarna abu-abu sampai coklat dengan bintik-bintik putih di antara garis-garis tipis memanjang dan melintang. Bagian perut berwarna putih. Kedua sirip punggung terletak di posterior tubuh dan diakhiri dengan sirip ekor (atau ekor) yang besar dengan dua lobus.

Asal Usul Hari Hiu Paus Internasional

Seperti dikutip dalam situs National Today, Hari Hiu Paus Internasional pertama kali diperingati pada tahun 2008 pada Konferensi Hiu Paus Internasional di Isla Holbox. Konferensi ini mempertemukan 40 pakar kelautan, aktivis dan ilmuwan yang prihatin terhadap berkurangnya populasi hiu paus.

Related Articles

Latest Articles