23.3 C
New York
Monday, August 5, 2024

Komunitas  Bangso Batak Jabuide Motivasi Pemkab Dairi Mengembangkan Seni Musik, Budaya dan Pariwisata

Sidikalang, MISTAR.ID

Wadah komunitas Bangso Batak Jabuide yang dikoordinatori Robin Sihotang menggelar acara “Musik dan Pariwisata Danau Toba” dengan menghadirkan artis batak seperti Jun Munthe, Anis Gea dan Baharaja Panjaitan, Sabtu (26/8/23) di Ofal Cafe  Terrace Jalan Sidikalang -Medan Panji Siburabura Kelurahan Batang Beruh Sidikalang.

Acara yang disponsori Toba Pulp Lestari, Sasta Group, Popay , Del dan BPODT tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi sekaligus mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi untuk lebih kreatif mengembangkan seni budaya musik, penyanyi, dan  nilai pariwisata bagi generasi muda kreatif di Dairi.

Kegiatan seperti ini dilakukan tiap tahun di berbagai daerah yang ada di Kawasan Danau Toba. Tujuannya hanya untuk mempromosikan keindahan Danau Toba. Kegiatan itu melibatkan seni budaya semua suku yang digelar secara berkala.

Baca juga: Pembangunan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Dairi Senilai Rp10 Miliar Kembali Diperpanjang

Pada kesempatan itu, Robin berharap acara itu dapat menggali potensi anak muda kreatif lewat prestasi bernyanyi, bermain musik modern. Ia yakin melalui berbagai kegaitan seperti yang dilakukan komunitas Bangso Batak Jabuide, ekonomi kreatif akan tumbuh dan itu menjadi salah satu cerminan wisata di Danau Toba.

Ia pun berharap Pemkab Dairi turut mendukung kreatifitas anak-anak muda seperti pencari bakat dengan cara menjadwalkan ragam event-event.

Harapan yang sama diutarakan Jun Munthe kepada Pemkab Dairi. Menurut pria yang mempopulerkan lagu ” Haholongan “, Pemkab Dairi harus bangun dari “tidurnya”, dimana selama ini terlihat kurang serius mendukung pengembangan bakat-bakat penyanyi asal Dairi, khususnya  ke jenjang nasional.

Baca juga: Disbudparpora Dorong Kemajuan Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Lewat Festival Kreatif di Dairi

Ia juga menilai Pemkab Dairi masih kurang serius mengemas nilai wisata untuk ditonjolkan kepada masyarakat luas. Paling tidak Pemkab Dairi memikirkan apa cinderamata atau souvenir atau barang yang dijadikan wisatawan sebagai kenang-kenangan yang indah dari Dairi.

Sementara Anis Gea dan Baharaja Panjaitan selaku artis batak, mendorong Pemkab Dairi, melalui

Menanggapi masukan itu, Kepala Dinas  Budaya ,Pariwisata ,Pemuda dan Olah Raga, Rahmatsyah Munthe mengaku akan berbenah. Ia tak lupa mengapresiasi ide dari semua panitia.

“Kritikan positif itu kita anggap sebagai masukan dan motivasi pembangunan pengembangan music dan penyanyi. Itu merupakan bagian dari ekonomi.kreatif masyarakat Dairi” kata Rahmatsyah Munthe. (manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles