19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Mendag Zulhas Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Aman dan Stabil, Begitu Juga Stok Beras

Medan, MISTAR.ID

Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan atau yang disapa Zulhas menyebutkan bahwa adanya dampak El Nino saat ini membuat sejumlah negara melarang makanannya untuk diekspor. Apalagi masih ada gejolak dari Rusia dan Ukraina.

“Tetapi kita syukuri bahwa inflasi kita di Indonesia 3,6% artinya harga-harga stabil. Semua harga stabil, stok kebutuhan pokok kita cukup,” sebutnya pada wartawan saat kunjungan kerjanya di Medan, Jumat (18/8/23).

Diungkapkan pria yang disapa Zulhas tersebut, saat ini untuk stok beras ada sebanyak 1,3 juta ton dan masih ada rencana mencari tambahan stok.

Baca juga: Kunjungi Pasar Bandarjo, Mendag Zulhas Dipantau Panwaslu Kecamatan Ungaran Barat

“Maka, Bapanas sedang mencari tambahan untuk stok beras ini. Tapi, untuk besar saat ini masih cukup dengan stok 1,3 tadi. Bahkan untuk harga dipasar seperti telur ayam, ayam potong dan cabai merah juga sudah mulai turun dan seterusnya,” ujarnya.

Untuk itu, Zulhas meminta masyarakat tenang dan santai saja. Tidak perlu membeli stok berlebihan.

“Karena ketersedian bahan pokok dan harganya sekarang ini aman. Apalagi stok beras di Bulog saat ini ada 1,2 juta ton. Artinya, semua aman,” pungkasnya.

Baca juga: Ingat! Pedagang Jangan Coba-coba Oplos Beras Bulog

Sebelumnya, Zulhas dalam sambutannya menjabarkan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia tercatat di atas 5%. Inflasi juga terus mengalami penurunan.

“Hari ini pertumbuhan ekonomi kita terbaik di dunia. Walaupun kita baru mengalami pandemi. Bahkan inflasi kita juga turun terus dimana tahun lalu 5,5% tahun ini mungkin 4%. Intinya turun terus,” pungkasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles