19.6 C
New York
Thursday, August 8, 2024

HUT Kemerdekaan RI ke-78, Bupati Eddy Berutu Sampaikan Capaian Kinerja Wujudkan Dairi Unggul

Dairi, MISTAR.ID

Bupati Dr Eddy Keleng Ate Berutu merinci prestasi yang berhasil dicapai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi saat memberikan sambutan sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada tahun 2023, di Stadion Utama Panji Sidikalang pada Kamis (17/8/2023).

Beberapa program yang berhasil dilaksanakan yang disampaikan oleh Eddy Berutu yaitu, dari sektor pertanian termasuk Pelaksanaan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, khusus untuk tanaman holtikultura. Juga di Desa Lau Mil, Kecamatan Tigalingga, khusus untuk tanaman jagung dan sorgum.

Eddy Berutu mengatakan, bahwa KPT ini telah dijadikan contoh oleh banyak kabupaten lain dan menjadi bahan studi banding.

“Selain KPT, untuk mengatasi inflasi dan kelangkaan bahan pangan, Kabupaten Dairi juga telah menjalin kerjasama dengan Pemko Medan untuk Gerakan Tanam Kopi (Gertak) dalam rangka mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang dan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (GRATIEKS), di mana Kabupaten Dairi adalah yang kedua di Indonesia yang melaksanakan program ini,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Eddy Kukuhkan Anggota Paskibraka Dairi Tahun 2023

Selanjutnya, Eddy juga menyebut bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi telah bekerjasama dengan bank-bank untuk mendorong dan memfasilitasi petani agar dapat mengikuti KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan bunga rendah yang tidak memberatkan petani.

Di bidang kesehatan, RSUD Sidikalang berhasil mencapai akreditasi ‘paripurna’, yang menunjukkan peningkatan dalam pelayanan kesehatan. Ini mendukung capaian angka harapan hidup pada tahun 2022, yaitu 69,64%.

Bupati juga mengungkap bahwa sekarang puskesmas telah dilengkapi dengan fasilitas rawat inap untuk lima puskesmas dan dilakukan pengadaan unit ambulans untuk dua puskesmas.

Eddy juga menyampaikan, bahwa dalam bidang pendidikan, Kabupaten Dairi berhasil melaksanakan Gerakan Merdeka Belajar dan mencapai Skor Capaian Pendidikan Tertinggi (SPM) se-Sumatera Utara dengan skor 65,86. Kabupaten Dairi juga memiliki tingkat literasi dan numerasi tertinggi di antara kabupaten/kota lain di Sumatera Utara.

Bupati juga mengungkapkan tentang upaya Pemerintah Kabupaten Dairi dalam sektor infrastruktur, dengan penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 64,3 miliar pada tahun 2023 dan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 63,7 miliar untuk pembangunan jalan, irigasi, air minum, dan sanitasi.

Di sektor perdagangan, Kabupaten Dairi telah mendirikan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT K-UMKM) dan memanfaatkan Pasar Induk Sitinjo sebagai pusat penjualan produk pertanian serta tempat lelang yang memberikan lapangan kerja. Ada juga pelatihan e-commerce bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan penggunaan tenaga kerja lokal.

Baca Juga: Staf Kejari ‘Banjiri’ Rapat Paripurna LPJ Bupati Dairi

Bupati menyoroti bahwa Kabupaten Dairi menjadi daerah dengan penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) tertinggi di Sumatera Utara dengan total Rp545.000.000.000 pada Desember 2022 kepada 18.814 debitur, yang memiliki dampak positif terhadap perkembangan usaha kecil dan jumlah UMKM di berbagai sektor.

Bupati Eddy juga menyebut, bahwa dalam sektor pariwisata, Kabupaten Dairi akan terlibat dalam acara Internasional Aquabike Jetsky pada 23 November 2023 di Kecamatan Silahisabungan.

Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan pendapatan masyarakat, mendorong ekonomi melalui sektor pariwisata, serta mempromosikan budaya dan keindahan alam di Kabupaten Dairi ke dunia internasional.

Dia menegaskan bahwa semua pencapaian dan prestasi ini akan menambah semangat kemerdekaan dan bahwa Pemerintah akan terus berusaha yang terbaik untuk cinta pada Bangsa Indonesia. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles