15.2 C
New York
Friday, October 4, 2024

Gerindra Nyatakan PAN dan Golkar Cenderung Dukung Prabowo

Jakarta, MISTAR.ID

Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) disebut cenderung mendukung Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024.

Saat ini, Partai Gerindra berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Bulan Bintang (PBB) dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

“Sekarang ini yang cenderung mendukung Prabowo adalah PAN. Saya tau karena juga hadir, begitu juga dari Golkar,” ujar Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo, dalam acara pembekalan materi dan konsolidasi Relawan Prabowo, pada Kamis (10/8/23).

Baca juga: Kunjungan Prabowo Diharapkan Berbuah Dukungan dari PSI

Hashim menyampaikan, jika minggu lalu Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Sekretaris Jenderal, Lodewijk Freidic dan Bendahara Umum, Dito Ganinduto bertemu dengan Prabowo.

Dia menyatakan, ketiga petinggi partai berlambang pohon beringin itu tampak tersenyum usai pertemuan. Begitu juga dengan Prabowo dan Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani.

“Golkar menyatakan mau mendukung Pak Prabowo. Itu seizin dan restu dari pak Jokowi. Itu saya bisa saya sampaikan,” sebut Hashim.

Dia juga menyampaikan, ada sejumlah partai politik (parpol) non parlemen bakal merapat ke Koalisi KIR. Seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipimpin Giring Ganesha, Partai Gelora pimpinan Anis Matta dan Partai Buruh pimpinan Said Iqbal.

Baca juga: Cak Imin Tepis Isu Pecah Koalisi dengan Gerindra

Lanjutnya, walaupun PSI dan Partai Buruh belum konfirmasi. Sedangkan Partai Gelora, meskipun belum deklarasi, namun sudah menyatakan secara tertutup bahwa akan mendukung Menteri Pertahanan (Menhan) itu pada Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, akan ada 5 partai lagi yang bergabung ke Koalisi KIR pada bulan Agustus dan September 2024.

“Saya janjikan ada 5 partai lagi yang bakal bergabung ke Koalisi KIR,” kata Andre di Padang beberapa waktu lalu. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles