6.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Sering Telat ke Kantor, Berikut Fakta Alarm Tubuh Untuk Bangun Pagi

Medan, MISTAR.ID

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kadang-kadang, Anda bangun satu atau dua menit sebelum alarm berbunyi? Apakah ini normal? Mengapa tubuh Anda melakukan ini?

Ada sedikit penelitian tentang seberapa umum pengalaman ini dan mengapa itu terjadi. Tapi tampaknya itu adalah “fenomena asli” yang dilaporkan banyak orang, menurut Russell Foster, kepala Sleep and Circadian Neuroscience Institute di University of Oxford di Inggris.

Dilansir dari CNA Kamis (27/7/23), dalam satu survei telepon yang diterbitkan pada tahun 1997, misalnya, para peneliti dari Iowa dan Minnesota secara acak mewawancarai 269 orang dewasa terutama di Midwest. Sekitar tiga perempat dari mereka yang diwawancarai mengatakan mereka kadang-kadang bangun sebelum alarm berbunyi. Dan kurang dari seperempat mengatakan bahwa mereka bangun dengan disiplin sehingga mereka tidak perlu menggunakan alarm.

Setelah tim peneliti menerbitkan iklan surat kabar yang meminta orang-orang yang selalu atau secara teratur bangun pada waktu tertentu tanpa menggunakan alarm. Mereka mengundang 15 responden tersebut ke lab dan meneliti tidur mereka selama tiga malam. Mereka menemukan bahwa 5 dari 15 orang terbangun dalam waktu 10 menit dari target waktu bangun mereka sebanyak tiga kali.

Baca juga: Ingin Awet Muda, Lakukan 5 Kebiasan Positif di Pagi Hari Berikut

Waktu Adalah Segalanya

Tidak ada yang tahu persis bagaimana atau mengapa tubuh mampu melakukan ini, tetapi para peneliti mengatakan bahwa jam biologis kita yang melacak waktu.

Tepat di atas saraf optik di otak terdapat jam utama yang disebut nukleus suprakiasmatik, kata Dr Ravi Allada, ahli saraf yang berspesialisasi dalam sleep and circadian rhythms di Northwestern University.

Jam ini menyinkronkan dan mengoordinasikan ritme sirkadian tubuh kita. Yang membantu kita mempersiapkan hal-hal yang terjadi di berbagai waktu dalam sehari seperti tertidur di malam hari dan bangun di pagi hari.

Salah satu cara tubuh kita melakukannya adalah dengan merasakan tingkat cahaya di sekitar kita, kata Dr Foster. Sel-sel khusus di mata kita mendeteksi perubahan tingkat cahaya, seperti sebelum dan saat fajar. Bahkan melalui kelopak mata kita saat mata kita tertutup, katanya. Sel-sel ini mungkin tidak memberi tahu tubuh kita secara tepat jam berapa sekarang, tetapi mereka mungkin menyampaikan bahwa kita sedang mendekati waktu biasanya kita bangun.

Baca juga: 8 Manfaat Olahraga di Pagi Hari yang Wajib Anda Ketahui

Ini memicu perubahan seperti peningkatan hormon kortisol dan adrenocorticotropin, serta tekanan darah, kata Dr Foster. Yang membantu kita mempersiapkan aktivitas.

Bagaimana dengan saat Anda bangun tepat sebelum alarm ketika Anda harus bangun lebih awal dari biasanya, misalnya untuk mengejar penerbangan atau menghadiri janji penting?

Alih-alih pada jam yang tepat, kata Dr Allada, tubuh kita mungkin terbangun berdasarkan berapa banyak waktu yang telah berlalu. Sejak kita tidur hampir seperti jam pasir. Jika kita pergi tidur dengan mengetahui bahwa kita harus bangun dalam empat jam, sesuatu dapat membantu memastikan bahwa kita bangun setelah empat jam.

Baca juga: Ini 10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan

Ketika Terburu-buru

Jika tubuh kita sangat pandai merasakan waktu, mengapa kita tidak selalu bangun tepat sebelum alarm berbunyi? Dan mengapa beberapa orang tidak pernah bangun sebelum alarm mereka berbunyi?

Dr Foster tidak yakin. “Mungkin saja saat Anda sangat lelah, kebutuhan tubuh untuk tidur mengalahkan jam biologisnya,” jelasnya.

Atau terkadang, “jika Anda merasa gugup untuk bangun tepat waktu. Stres dapat menyebabkan Anda bangun lebih awal dari yang Anda inginkan,” kata Dr Allada.

Baca juga: Empat Langkah Hindari Orang-orang “Toxic”

Masih ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban tentang mengapa dan bagaimana tubuh kita terkadang membangunkan kita sebelum alarm berbunyi.

Tetapi untuk memaksimalkan kemungkinan Anda bangun tepat waktu sendiri. Dr Foster menyarankan, “menyetel alarm pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu agar tubuh Anda terbiasa bangun pada waktu yang teratur.”

(CNA/hm21).

Related Articles

Latest Articles