24 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Paskibraka Simalungun Mulai Latihan, Kemungkinan Upacara 17 Agustus di Kecamatan Purba

Simalungun, MISTAR.ID

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Simalungun mulai melaksanakan pemusatan latihan hari ini, Kamis (20/7/23) di halaman kantor Bupati Simalungun.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Pemuda, Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Simalungun, Enly Damanik, pelatihan berlangsung mulai 20 Juli hingga 16 Agustus 2023.

Saat ini, kata Enly ada 45 Paskibraka yang mengikuti pelatihan, terdiri dari 24 putra dan 21 putri. Nantinya 43 Paskibraka untuk Simalungun dan 2 untuk Paskibraka tingkat Provinsi.

Kemudian, Paskibraka serta pelatih akan menginap di rumah dinas kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ada 3 rumah dinas kepala OPD yang dipakai, satu untuk putra, satu untuk putri, dan satu untuk pelatih,” ujarnya saat ditemui Mistar.id, di lokasi latihan.

Baca juga : Selama 2 Hari, Paskibraka Simalungun Jalani Pra Latihan

Enly mengatakan bahwa ada kemungkinan bahwa upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 akan diadakan di Kecamatan Purba.

“Jika memang di Purba, seluruh Paskibraka akan dipusatkan pelatihannya di sana dua minggu sebelum 17 Agustus 2023. Tapi itu belum fix, masih dibahas di Kesra, dan nantinya mereka akan mengundang kami,” katanya.

Biaya pemusatan dan uang saku Paskibraka didanai dari APBD Simalungun, tetapi tidak diketahui berapa besarnya.

Enly menyatakan, “Aduh, itu tidak bisa disampaikan. Tapi ada (uang saku) dari APBD.”

Disebutkan bahwa lima anggota TNI dari Kodim 0207/Simalungun bertugas sebagai pelatih.

Enly mengatakan bahwa kedua perwakilan akan tetap mengikuti latihan bersama yang lain sebelum pemusatan latihan untuk provinsi dimulai tanggal 5 Agustus mendatang. (indra/hm19)

Related Articles

Latest Articles