26 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Dipengaruhi Minuman dan Tembakau, Juni 2023 Inflasi di Sumut 0,31%

Medan, MISTAR.ID

Berdasarkan pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dari lima kota, Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumut pada Juni 2023 ini terjadi inflasi sebesar 0,31%. Ini lebih tinggi dibandingkan inflasi nasional yang tercatat 0,14%.

Sedangkan Inflasi untuk tahun kalender tercatat 0,68%. Inflasi tahunan ini tercatat lebih rendah dari nasional yang mencapai 1,24%. Sementara untuk inflasi tahun ke tahun di Sumut tercatat 2,55% dimana inflasi ini lebih terkendali dari nasional yang tercatat 3,52%.

Menurut Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin di Juni 2023 bahwa secara nasional ada momen Iduladha dan juga terkait peristiwa penurunan harga BBM dan berbagai dinamika terkait dengan volatilitas produk komoditas pertanian dan bahan makanan khususnya.

Baca juga: Pemko Medan Tekan Angka Inflasi di Bawah 5 Persen

Termasuk di Sumut di Juni 2023 bahwa kelompok makanan, minuman dan tembakau itu memberikan andil yang cukup tinggi dengan inflasi 1,07%  memberikan andil 0,35%. Artinya ini cukup dominan untuk andil kita.

Kemudian, kalau dilihat secara mendalam ada beberapa komoditas di sana yakni daging ayam ras, cabai merah dan telur ayam ras itu termasuk daripada komoditas-komoditas yang memberikan sumbangan inflasi di kelompok makanan, minuman dan tembakau.

“Lima besarnya ada di kelompok ini. Maka memang wajar terpotret andilnya ada 0,35%. Bila dari pantauan kita untuk komoditas penyumbang inflasi yakni daging ayam ras 0,14% lalu cabai merah 0,14%. Telur ayam 0,04%. Bawang putih 0,03% dan sawi hijau 0,03%,” jabarnya, Senin (3/7/23).

Baca juga: Pj Wali Kota Tebing Tinggi Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri

Namun, disisi lain ada penurunan di kelompok transportasi dengan tingkat inflasinya -4,8% dengan andil -0,05%. Ini terkait juga dengan adanya penurunan pertamax di Juni.

“Ini memberikan tekanan deflasi kita di Juni 2023. Lalu ada di perawatan pribadi dan jasa lainnya memberikan deflasi yang cukup besar -0,14% dengan andil -0,01. Ini terkait dengan emas perhiasan,” sebutnya.

Sambungnya, ada juga yang menarik dengan pakaian dan alas kaki yang andilnya juga rendah mendekati 0. Ini karena ada pergerakan terkait harga seragam sekolah. Tercatat di pakaian inflasinya 0,09%.

Baca juga: Mendagri Meminta Daerah Waspada Terhadap Peningkatan Inflasi Sebelum Iduladha

“Sementara itu adanya informasi pergerakan harga BBM di 1 Juli 2023 maka akan kita potret perubahannya pada bulan depan. Karena ada regulasi atau penyesuaian BBM yang baru,” tambahnya.

Adapun untuk perbandingan inflasi di lima Kota IHK di Sumut pada Juni 2023 yakni Sibolga tercatat inflasi 0,62% ini termasuk tertinggi di Sumut. Lalu, Pematang Siantar tercatat inflasi 0,52% dan juga Kota Medan inflasi 0,29%. Sedangkan Gunungsitoli dan Padang Sidempuan lebih terkendali tercatat inflasi 0,21%. (anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles