18.6 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Wapres Ma’ruf Amin Ajak Umat Muslim Rayakan Iduladha Dalam Kesederhaan dan Berbagi

Jakarta, MISTAR.ID

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat Iduladha kepada umat Islam dan mengimbau mereka untuk merayakan hari itu dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khusyuk.

“Saya sampaikan Idul Adha 1444 Hijriah saya kepada seluruh umat Islam di mana pun Anda berada,” kata Amin, Rabu (28/6/23).

Ma’ruf Amin mengajak umat muslim untuk  merayakan Iduladha dalam kesederhanaan dan penuh rasa syukur yang khusyuk dengan semangat saling membantu.

Baca juga: Iduladha, Rumah Aspirasi Sahabat Novri Aritonang Berkurban untuk Warga Kurang Mampu

Ia mengatakan, Iduladha mengajarkan umat Islam untuk menjunjung tinggi kemanusiaan dengan berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan.

“Nilai-nilai luhur Iduladha tetap relevan lintas zaman dan harus terus dipupuk dalam kehidupan kita sehari-hari,” tambah Amin.

Lebih lanjut dikatakan, Wapres, teladan Nabi Ibrahim dalam kaitannya dengan Iduladha mengandung pesan luhur tentang iman yang bersih dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Wapres mengatakan, keteladanan Nabi Ibrahim, kesalehan, dan keikhlasan berkorban kepada Allah SWT harus menginspirasi umat Islam untuk menjadi orang yang lebih baik dan dengan sepenuh hati mengikuti perintah Tuhan untuk kebaikan mereka sendiri serta masyarakat dan bangsa.

Baca juga: UMSU Sembelih 54 Ekor Lembu pada Iduladha 1443 H

Amin diperkirakan akan mengikuti prosesi salat Iduladha di Masjid Istiqlal Jakarta pada Kamis (29/6/2023) pagi. Dia juga akan mempersembahkan hewan kurban di masjid.

Sebelumnya, Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi membenarkan bahwa sapi kurban seberat 1.154 kilogram yang diserahkan Wakil Presiden telah diterima Kepala Dinas Sosial dan Pengembangan Masyarakat Masjid, Asep Saepudin, Selasa (27/6).

Ia menambahkan, Amin secara simbolis akan menyerahkan sapi kurban ke masjid usai salat.

Baidlowi mengatakan, Amin juga memberikan 56 ekor sapi dengan berat rata-rata 800 kg dan sepuluh ekor kambing kepada beberapa penyelenggara ritual Qurban di wilayah Jabodetabek. Semua hewan kurban yang ditawarkan oleh Amin telah dinyatakan sehat oleh Badan Karantina Pertanian dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles