18.5 C
New York
Saturday, October 5, 2024

Musran di Siantar Utara Resmi Dibuka, Kakwarcab Erizal Ginting Minta Pengurus Kompak

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kakwarcab) Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting berpesan kepada kepada Ketua Gerakan pramuka kwartir ranting Kecamatan Siantar Utara yang terpilih agar selalu solid dan kompak dalam menjalankan organisasi serta memberikan abdi dan tanggungjawabnya kepada Gerakan Pramuka di Kecamatan Siantar Utara.

Pesan itu disampaikan saat gerakan pramuka kwartir ranting Kecamatan Siantar Utara menggelar musyawarah ranting (Musran) tahun 2023 di Aula Kantor Kecamatan Siantar Utara, Sabtu (24/6/23).

Erizal mengatakan, Gerakan Pramuka adalah unik. Dimana pendidikan kepramukaan merupakan perwujudan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang membangun karakter anak bangsa. Mulai presiden sampai camat merupakan Majelis Pembimbing, semuanya membantu Gerakan Pramuka adalah kewajiban pemerintah.

Baca juga: Musppanitera Pramuka Kwarcab Pematang Siantar Diharapkan Ciptakan Kaum Muda yang Kuat

“Kami berharap kegiatan ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya supaya mendapat hasil yang baik dan maksimal. Selalu bersinergi dan kolaborasi dengan pemerintah, terutama dengan seluruh stakeholder,” kata Ketua TP PKK Pematang Siantar ini .

Erizal juga meminta kepada pembina, pelatih, Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) dan peserta Musran, agar dapat memberikan ide kreatif, gagasan, praktis dan inovatif, serta perencanaan yang tepat untuk berjalannya roda organisasi Gerakan Pramuka di tingkatan ranting, juga diminta bertanggung jawab dan terus bersinergi dengan Kwarcab dan Kamabiran.

Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani diwakili Kaban Kesbangpol Ir Ali Akbar dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Gerakan Pramuka adalah salah satu wadah efektif dalam membentuk karakter, kepemimpinan, dan kepedulian sosial generasi muda. Saya sangat bahagia atas kontribusi Gerakan Pramuka dalam membantu dan membentuk generasi muda Kota Pematang Siantar yang tangguh, mandiri, dan bertanggung jawab.

Baca juga: Wakil Bupati Simalungun Berangkatkan Peserta Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang

“Kami optimis, Musran ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan pribadi dan profesional seluruh anggota gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Siantar Utara. Kami berjanji akan memberikan dukungan dan sumber daya yang dibutuhkan oleh semua pihak, guna mewujudkan Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju, sekaligus menyongsong visi Indonesia Emas Tahun 2045,” kata dr Susanti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ali Akbar.

Sebelumnya, Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Gerakan Pramuka Kecamatan Siantar Utara, Irwansyah Saragih menyatakan, Gerakan Pramuka sebagai Learning Organization harus berdiri di depan agar menjadi contoh positif nyata seluruh elemen masyarakat.

Baca juga: 16 Pramuka Siantar Terancam Tak Pulang dari Jamnas di Cibubur, Begini Respon Plt Wali Kota

“Serta harus lebih aktif menyikapi berbagai persoalan yang saat ini banyak berkembang di tengah-tengah masyarakat, baik secara formal maupun informal,” papar Irwansyah, yang juga merupakan Camat Siantar Utara saat ini.

Dengan demikian, sebut Irwansyah, Musran dapat berjalan dengan baik secara musyawarah untuk mufakat, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang tepat. Terutama dalam hal merumuskan program kerja yang harus bisa memberikan hasil nyata.

“Serta berdayaguna dan mampu bersinergi dengan program-program unggulan pemerintah, dalam mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, demi Bangkit dan Majunya Kota Pematang Siantar,” pungkas Irwansyah. (yetty/hm17)

Related Articles

Latest Articles