15.2 C
New York
Tuesday, October 29, 2024

Memprihatinkan! Jalan Alternatif Sidamanik-Saribudolok tak Beraspal

Simalungun, MISTAR.ID

Jalan di Desa Sipinggan Nagori Tigabolon, Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, sangat memprihatinkan. Kondisinya hingga kini belum beraspal. Padahal jalan ini merupakan yang terhubung ke Kelurahan Panei Tonga Kecamatan Panei.

Jalan itu juga merupakan jalan alternatif dari Jalan Besar Sidamanik menuju Jalan Besar Saribudolok, dan merupakan jalan atau akses utama hasil pertanian warga setempat.

Salah seorang toko masyarakat Desa Sipinggan Ary Girsang, menuturkan bahwa permohonan perbaikan jalan itu sudah sering diajukan, dan sampai saat ini belum digubris oleh Pemkab Simalungun.

Baca juga:HMI Minta DPRD Asahan Desak Pemprov Sumut Perbaiki Jalan Rusak

Ary mengatakan, masyarakat sangat merindukan dan menginginkan perbaikan jalan tersebut, karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

“Permohonan perbaikan jalan ini sudah sering kita ajukan dari tahun ke tahun, namun belum ada realisasinya, kita berharap ada kebijakan untuk perbaikan jalan ini,” ucap Ary Girsang saat ditemui di Desa Sipinggan, Senin (9/1/23).

Diterangkan Ary, bahwa jalan tersebut sudah sering diperbaiki masyarakat, melalui gerakan gotong royong, yang dimana masyarakat yang berswadaya mengumpulkan dana untuk perbaikan jalan.

Namun perbaikan melalui gerakan gotong royong tersebut, hanya bersifat sementara, dimana perbaikan tidak tahan lama karena keterbatasan dana yang dimiliki masyarakat.

Sehingga masyarakat berharap, Pemerintah bisa menganggarkan perbaikan jalan penghubung Desa Sipinggan dengan Kelurahan Panai Tongah, yang panjangnya hanya sekitar 2 sampai 3 Kilometer.

Jalan itupun saat ini menjadi salah satu akses yang digunakan oleh ASN yang tinggal di Sidamanik untuk menuju Ibu Kota Kabupaten Simalungun yakni Pematangraya.

Sementara itu, Anggota DPRD Simalungun dari Dapil VI Bernhard Damanik mengatakan, di Tahun anggaran berikutnya, perbaikan jalan penghubung Desa Sipinggan dengan Panei Tongah akan dimasukkan kedalam pokok pikirannya, agar bisa teranggarkan.

Baca juga:Kapolres Tapsel Turun ke Lokasi Jalan Rusak di Batu Jomba

Bernhard Damanik menegaskan, dirinya akan berupaya agar jalan tersebut diperbaiki di Tahun mendatang.

“Akan kita masukkan ke dalam pokok pikiran kita, agar dianggarkan di Tahun berikutnya” ucap Bernhard Damanik yang merupakan Ketua Fraksi Nasdem di DPRD Simalungun.

Pantaun Mistar.id di lokasi jalan Desa Sipinggan, tampak rumput dan batu berserakan menghiasai jalan, dan di beberapa titik jalan tergenang air. (roland/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles