15.9 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Kota Zagreb Kroasia Diguncang Gempa Kuat

Kroasia, MISTAR.ID
Gempa bumi dahsyat telah melanda ibu kota utara Kroasi, Zagreb, merusak bangunan, mengubur kendaraan ke dalam puing-puing dan menyebabkan beberapa kebakaran.
Dilaporkan oleh media setempat bahwa seorang anak berusia 15 tahun berada dalam kondisi kritis dan banyak yang lainnya terluka ketika operasi pemadam kebakaran dan penyelamatan sedang berlangsung di beberapa lokasi.
Pusat penelitian Jerman untuk Geosciences, GFZ mengatakan gempa yang terasa di Balkan Barat dan melanda di kedalaman 10 km (6mil). Ini menurunkan besarnya skala gempa dari pembaca awal 6,0 menjadi 5,3.
“Gempa tersebut berlangsung lebih dari 10 detik, dan menjadi gempa terkuat yang pernah saya rasakan sejauh ini,” kata seorang saksi dan menambahkan bahwa gempa itu diikuti oleh beberapa gempa susulan.
Menteri Dalam Negeri Kroasia, Davor Bozinovic mengeluarkan himbauan di Twitter agar orang-orang di jalanan tetap menjaga jarak satu sama lainnya disaat Negara tersebut juga berjuang menahan penyebaran virus corona. Sejauh ini Kroasia telah mengkonfirmasi 206 kasus dan 1 kasus kematian.
Di Zagreb, orang-orang melarikan diri dari apartemen dan turun kejalan, sementara sebagian ibu kota tersebut mengalami pemadaman listrik. Menara lonceng gereja juga rusak dan beberapa bangunan runtuh, lapor kantor berita Reuters.
Ines Ivancic, ahli seismologi di Lembaga Sesimologi Kroasia mengatakan bahwa gempa itu sangat kuat tapi belum bias menaksir langsung seberapa kerusakan yang ditimbulkan . Dia juga menambahkan bahwa internet juga mengalami penurunan di beberapa daerah.
Survei Geologi AS mengatakan gempa ini berskala 5,4, sementara Pusat Seismologi Mediteranian Eropa (EMSC) melaporkan kekuatan 5,3 diikuti gempa susulan berskala 5,1.
Sumber: Aljazeera
Editor : JulyanaAng

Related Articles

Latest Articles