24 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Penggunaan Media Sosial di Dunia Pendidikan

Medan, MISTAR.ID

Berkembangnya teknologi telah melahirkan berbagai platform digital yang banyak diakses mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua.

Penggunaan platform atau sering disebut media sosial (medsos) seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan Youtube juga telah diaplikasikan di kalangan sekolah maupun universitas.

Dina (17), siswa kelas XII di SMA Negeri 13 Medan mengaku menggunakan berbagai platform tersebut sebagai media untuk mengupload tugas sesuai dengan arahan guru yang bersangkutan.

“Sebagian guru ada, sebagian nggak [yang mengarahkan siswa mengupload tugas ke medsos]. Kemarin pernah Bahasa Indonesia, untuk masak-masak dan di upload ke TikTok,” katanya saat ditemui kepada Mistar di halaman sekolahnya, Kamis (25/7/24).

Baca juga : Psikolog Ingatkan Bahaya Penggunaan Media Sosial Berlebihan

Penggunaan handphone (HP) di kelas, lanjutnya, diperbolehkan namun dengan pembatasan.

“Tergantung gurunya, kadang dikumpul gitu HP-nya dalam kotak,” sebutnya.

Namun saat ujian, lanjut Dina, mereka menggunakan HP karena dilakukan dengan sistem online. Hal yang menjadi tantangan bagi siswa yang berencana kuliah jurusan manajemen ini dalam menggunakan medsos untuk pembelajaran adalah rasa malu saat disuruh guru untuk mengupload tugas videonya ke medsos.

Sedangkan Marsya (16), siswa jurusan IPA SMAN 13 mengatakan tantangannya dalam bermedsos untuk pembelajaran adalah paket internet.

Related Articles

Latest Articles