9.3 C
New York
Monday, January 30, 2023

Raja Marsingati Diusulkan Jadi Nama Jalan By Pass Balige

Tobasa | MISTAR.ID – Warga Desa Lumban Gaol mengusulkan agar jalan by pass Balige, Toba Samosir diberi nama Raja Marsingati. Menurut mereka penamaan jalan itu untuk menghormati Raja Marsingati yang konon merupakan generasi pertama di wilayah tersebut.

Apalagi jalan tersebut berada tepat di depan Tugu Raja Marsingati. Bentuk usulan itu disampaikan ratusan warga setempat yang dengan spontan mendirikan plang nama jalan tersebut. Warga bergotong royong mendirikan plank nama jalan, persis disudut jalan.

Pembangunan Jalan By Pass Balige merupakan program pemerintah pusat dalam mendukung kawasan pariwisata Danau Toba melalui BPODT dengan mengedepankan kearifan lokal tanpa mengikis budaya dan adat setempat.

“Hal ini (usulan nama jalan-red) tentunya menjadi pertimbangan bagi pemerintah untuk mengakomodirnya,” ujar warga dengan nada berharap. Menurut warga, mereka akan memperjuangkan ini karena Raja Marsingati adalah oppung yang merupakan generasi pertama bermukim diwilayah itu.

Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Tobasa, Lizha Manullang menyambut baik niat dan usulan warga. Ia menyarankan warga untuk memenuhi prosedur pengusulan nama jalan. “Musyawarahkan dengan semua elemen masyarakat dan pemerintahan desa, buat latar belakangnya lalu ajukan ke bupati,”kata Lizha.

Menurut Lizha tindakan spontanitas warga mendirikan plank nama jalan tidak masalah namun sebaiknya dilengkapi juga dengan prosedur administrasi pengajuan nama jalan.

Penulis : James
Editor : Edrin

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,687FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles