22.9 C
New York
Thursday, June 1, 2023

Obat Penyakit Gangguan Jiwa Sering Kosong di RSUD Sultan Sulaiman Sergai

Sergai, MISTAR.ID

Sejak awal tahun 2023 hingga saat ini, stok obat di distributor wilayah Serdang Bedagai sering kosong. Dan yang paling sering kosong adalah jenis obat-obatan untuk penyakit jantung dan penyakit gangguan jiwa.

Hal tersebut disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dr Ahmad Idris Daulay di ruang kerjanya pada mistar.id, Rabu (22/2/23). Menurut dr Idris, kendala yang dihadapi RSUD Sultan Sulaiman saat ini adalah sering kosongnya obat di distributor, sehingga sebagai langkah untuk mencukupi kebutuhan obat pihaknya terpaksa mencari di sejumlah apotek dan rumah sakit yang memiliki stok obat yang dibutuhkan itu.

“Obat-obatan kita masih terkendala, terkadang di awal tahun para distributor obat mengalami kekosongan sehingga terpaksa kita mencari ke apotek-apotek, baik di daerah kita sendiri maupun di kota lain, seperti Kota Tebing Tinggi, Lubuk Pakam, bahkan sampai ke Kota Medan.”

Baca Juga:RSUD Sultan Sulaiman akan Bangun Ruang Inap Baru 

Itupun, menurutnya, terkadang stok di daerah tersebut juga kosong. “Terkadang enggak dapat, makanya kita mencoba menjalin komunikasi ke rumah sakit lain, seperti Rumah Sakit Kumpulan Pane dan Bhayangkara, agar kita bisa meminjam obatnya dulu untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit kita,” ungkap dr Idris.

Bertolak belakang dengan stok obat, untuk stok darah di rumah sakit yang dipimpinnya, menurut Idris dalam kondisi aman. “Kalaupun terjadi kekosongan darah, di grup rumah sakit bisa kita imbau siapa yang mau donor, baik dari dalam maupun dari luar rumah sakit kita. Jadi Insya Allah aman,” tambahnya.(boby/hm15)

Related Articles

Latest Articles