18.9 C
New York
Monday, June 5, 2023

38 Mobil Kebersihan Masjid YHA di Sumut Terus Bergerak Selama Ramadhan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah yang juga Ketua Umum Yayasan Haji Anif (YHA) menyampaikan, program pembersih masjid gratis YHA yang telah berjalan sejak tahun 2000 ini tetap berjalan meski Bulan Ramadhan.

“Selama Ramadhan, program tetap berjalan, tapi kita menyadari petugas kita juga kan berpuasa. Jadi kita beri toleransi waktunya,” ujar Ijeck, sapaan Musa Rajekshah dalam siaran persnya, Selasa (28/3/23).

Ijeck menambahkan mobil pembersih masjid gratis ini berjumlah 38 unit yang tersebar di Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Tanjungbalai, Langkat, Binjai, Tebing Tinggi, Batu Bara, Asahan, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Padangsidimpuan, Madina, Sibolga, Simalungun dan Siantar.

Baca Juga:Masjidil Haram Diguyur Hujan, Ribuan Pekerja Dikerahkan untuk Mengeringkan

“Luar Sumut juga ada, Bali dan Jogja, untuk di Bali masih kita yayasan yang pegang kalau untuk Jogja sudah diserahkan ke Masjid Jogokariyan,” ujarnya.

Ijeck mengisahkan, program pembersih masjid YHA berawal dari terbentuknya Yayasan Anugerah Putra Indonesia yang telah terbentuk sejak tahun 90-an. “Orang tua saya Bapak Haji Anif sebelumnya tahun 90-an, beliau sudah mendirikan Yayasan Anugerah Putra Indonesia yang dahulu fokusnya itu di bidang pendidikan. Berjalannya waktu beliau ubah jadi Yahasan Haji Anif,” katanya.

Pembersih masjid ini, dijelaskan Ijeck, berawal dari pengalaman Almarhum Haji Anif yang sering ke luar kota dalam urusan pekerjaan dan sering mampir ke masjid-masjid yang dilewati untuk salat. “Selalu setiap salat mampir ke masjid, almarhum itu mengusap keningnya karena lantainya berpasir dan sangat jarang masjid di luar kota punya sedotan vacum cleaner, kamar mandinya juga banyak yang belum siap. Di situlah ide almarhum membuat yayasan pembersih masjid, tahun 2000 awalnya di Padangsidimpuan kemudian masuk ke Medan dan terus berkembang,” papar Ijeck.

Baca Juga:Pencuri di Rest Area Tol yang Terekam CCTV Akhirnya Diringkus

YHA, tambah Ijeck, menekankan para petugas kebersihan untuk bekerja jujur dan tidak memberatkan BKM. “Seluruh petugas kebersihan selalu kami tekankan agar jangan berharap sesuatu dari BKM dan jangan memberatkan BKM, harus jujur dalam pekerjaan, tidak semata-mata hanya menjalankan tugas saja,” jelasnya.

Setiap unit mobil dilengkapi dengan 3 (tiga) orang petugas kebersihan masjid dan dilengkapi dengan satu unit vacum cleaner, satu unit generator gasoline (genset) dan peralatan kebersihan lain, seperti sapu, kain pel, sikat WC/Toilet, cairan pembersih dan lainnya.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles