9.4 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Siapkan 6 Atlet Terbaik di PON 2024, Ini Target IKASI Sumut

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 6 orang atlet terbaik Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Provinsi Sumatera Utara menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) jangka panjang demi prestasi maksimal di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI Sumut-Aceh tahun 2024.

Keenam atlet itu adalah Fauzi Al Vicri, M Habib Syahputra, Goenersya Haidar Rudhani, Rifqi Ikhsanul Akmal (Putra) dan Rafika, serta Friska Tri Sakila (Putri). Mereka didampingi 2 orang pelatih, yakni Sunandar dan Rini Siska Yuniarni.

“Kami optimistis atlet-atlet binaan yang saat ini masuk dalam Pelatda jangka panjang mampu mempersembahkan medali untuk kontingen Sumut. Apalagi kedua pelatih yang membina keenam atlet itu merupakan mantan atlet nasional,” Kabid Binpres IKASI Sumut, M Fauzan Azhmy di Kota Medan, Selasa (23/5/23).

Baca juga: Sumut Maksimalkan Persiapan PON 2024, Diantaranya Cabor Basket

Pada PON 2024, cabang olahraga anggar akan memperebutkan 12 medali emas, 12 perak dan 24 perunggu yang dimainkan dari 12 nomor. Nomor yang dipertandingakan di antaranya, sabel, degen, dan floret, baik perorangan maupun beregu putra/putri.

IKASI Sumut berharap, jumlah enam atlet saat ini nantinya bisa terus bertambah hingga mencapai 16 orang sampai pada Pelatda penuh menjelang PON untuk memperkuat kontingen Sumut.

“Kalau nanti bisa ada tambahan atlet yang masuk dalam Pelatda penuh, kami menargetkan paling tidak bisa membawa pulang 2 medali emas. Namun kalau hanya dengan 6 kekuatan atlet seperti yang ada saat ini, kami hanya target 2 medali perunggu,” katanya.

Baca juga: Ini Atlet Siantar yang Bertanding di PON 2024 Sumut-Aceh

Sementara Pelatih, Sunandar mengatakan, saat ini anak-anak asuhnya berlatih secara intensif setiap hari di Gedung Boling di kawasan Sport Centre Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut.

“Mereka terus berlatih dengan semangat. Teknik dan strategi berlaga terus dimatangkan, begitu juga fisik atlet terus dimaksimalkan,” kata Sunandar singkat. (antara/hm16)

Related Articles

Latest Articles