23.1 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Setelah Tidur Panjang, Perpani Sumut Targetkan 3 Medali Di PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan 3 medali pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut mendatang. Nantinya di PON 2024, 3 medali itu bukan seluruhnya medali emas, bisa saja perak atau perunggu.

“Kami tidak ingin memberikan medali emas, kami hanya berani memberikan target medali saja. Hal itu bisa saja meraih medali emas, perak, perunggu. Tentunya kami ingin olahraga panahan ini bangkit dari tidur panjangnya dan memperoleh medali di PON,” kata Sekretaris Umum Pengprov Sumut, Muhammad Said Tanjung, Sabtu (15/7/2023).

Tidak hanya itu, Said mengatakan pada PON nantinya menjadi momen bagi panahan Sumut yang bangun dari tidur panjang, setelah terakhir Cabang Olahraga (Cabor) panahan Sumut di tahun 1996 pada PON Jakarta atas nama Wilson Pane.

Baca juga: Cabor PRSI Sumut Optimis Target 6 Medali Emas di PON 2024 Mendatang Dapat Diraih

Dia juga mengatakan, target 3 medali karena dilihat dari hasil Kejurnas pada 2022 lalu. Ia juga menambahkan perekrutan atlet panahan yang masuk Pelatda juga merupakan hasil dari Kejurda pada tahun 2022 lalu.

Awalnya, pihaknya merekrut 10 orang, karena 3 orang atlet indisipliner akibat sering mangkir dari latihan, terpaksa 3 atlet tersebut tidak diikutkan ke dalam pelatda dan sisa 7 atlet.

“Pengprov Sumut akan tetap merekrut atlet panahan dari sirkuit yang akan dilaksanakan, untuk mencukupi kuota atlet menjadi 24 atlet,”jelasnya.

Baca juga: FOPI Sumut Optimis Renggut 2 Medali Emas di PON 2024

Binpres Perpani Sumut Jamal Siregar mengatakan, saat ini pihaknya sangat membutuhkan teknisi alat di nomor compound dan anak panah. Padahal untuk mencapai limit, pemanah butuh 350 kali melesakan ke target setiap kali latihan.

“Itulah kelemahan yang dialami atlet panahan saat ini dalam nomor Compound dengan butuhnya teknisi alat, serta kekurangan anak panah,”kata Jamal saat dikonfirmasi Mistar.id, Sabtu (15/7/23).

Baca juga: Songsong PON 2024, KONI Medan Matangkan Persiapan Porkot September 2023

Jamal juga mengatakan, saat ini peluang medali di PON diharapkan dapat diraih oleh Keisa, yaitu atlet yang pernah mendapat medali perak di Kejurnas Junior di Yogyakarta lalu dan di mix bersama Ryan.

Saat ini diketahui 7 atlet panahan Pengprov Perpani Sumut, yakni Ryan di nomor compound, Wibi (compound), Kaisa (compound putri). Kemudian Dicky di nomor recurve, Ali (standard bow), Jou (standard bow), dan Cozbi (standard bow putri). (andreas/hm17)

Related Articles

Latest Articles