7.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Rio Waida Lewati Putaran Kedua ISA World Surfing 2023

El Salvador, MISTAR.ID

Perlombaan putaran kedua ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024 ISA World Surfing Games 2023 di El Salvador, Jumat (2/623), atlet selancar ombak Indonesia, Rio Waida memperoleh skor tertinggi dalam heat yang dia lakoni.

Dalam perlombaan putaran kedua yang disiarkan Asosiasi Surfing Internasional (ISA), Rio berkompetisi di heat 15 bersama 3 orang peselancar lain, yakni Ethan Ewing perwakilan Australia, Leandro Usuna asal Argentina dan Matthew McGillivray dari Afrika Selatan.

Rio mengenakan jersey warna hijau berhasil mencatatkan 2 ombak terbaiknya dengan nilai 6.03 dan 5.17. Total raihan 11.20 poin itu membuat peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu menduduki peringkat teratas heat 15.

Baca juga: Atlet Selancar Indonesia ‘Kejar’ Tiket Olimpiade Paris 2024

Pembawa bendera Merah Putih dalam Olimpiade Tokyo 2020 itu unggul 1.10 poin atas Usuna yang mengumpulkan 10.10 poin. Dengan hasil itu, keduanya melaju ke putaran ketiga.

Di putaran ketiga, Rio berada 1 heat dengan Olimpian asal Italia, Leonardo Fioravanti yang akan menjadi lawan tangguhnya nanti. Saat ini Fioravanti berada di peringkat 10 dalam World Surfing League Championship Tour (CT). Sementara Rio yang memulai debutnya tahun ini di liga selancar dunia berada di urutan ke 20.

Pada ISA World Surfing Games 2022 yang digelar di Huntington Beach, California, Amerika Serikat (AS) pada bulan September tahun lalu, Rio meraih medali perak. Dirinya nyaris mengamankan 1 slot putra di Olimpiade Paris 2024, setelah menempati peringkat kedua pada babak final.

Baca juga: Berselancar di Keindahan Pulau Nias yang Eksotik

Selain melalui ISA World Surfing Games, Rio berkesempatan lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024, dengan finis di 10 besar liga selancar dunia pada akhir musim September.

Perlombaan putaran kedua lainnya, wakil Indonesia, I Ketut Agus juga lolos ke babak ketiga ISA World Surfing Games.

Indonesia mengirimkan 6 orang atlet yakni, Rio Waida, Hairil Anwar, I Ketut Agus, Lidia Kato, Taina Angel dan Kailani Johnson. (antara/hm16)

Related Articles

Latest Articles