8.4 C
New York
Friday, March 29, 2024

Real Madrid Terkapar Dihajar Shakhtar 2-3

Madrid, MISTAR.ID

Real Madrid mengawali musim dengan berat. Bertindak sebagai tuan rumah, El Real harus takluk dengan skor 3-2 kepada tim tamu Shakhtar Donetsk dalam pertandingan Grup B Liga Champions 2020/2021 yang dimainkan di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Rabu (21/10/20).

Gol Tete (29′) membuka keunggulan Shakhtar sebelum Raphael Varane (33′) membukukan gol bunuh diri. Shakhtar memperbesar keunggulannya melalui gol Manor Salomon (42′). Real terlihat mampu bangkit pada babak kedua, setelah mereka mencetak gol-gol balasan dari Luka Modric (54′) dan Vinicius Jr (59′).

Mereka bahkan masih sempat mengemas gol melalui sepakan Federico Valverde (92′) yang mestinya dapat menyamakan kedudukan, namun gol itu dianulir wasit, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Real Madrid dan Barcelona Kompak Hadapi Mimpi Buruk

Hasil itu membuat klub Ukraina Shakhtar untuk sementara memuncaki klasemen Grup B dengan tiga poin. Sedangkan Real saat ini terpuruk di dasar klasemen grup. Real berusaha menggebrak sejak awal. Marco Asensio berusaha merangsek ke kotak penalti dan  melepaskan sepakan yang masih dapat diblok kiper Anatoli Trubin.

Shakhtar segera merespon. Ancaman pertama mereka hadirkan melalui umpan panjang dari Marcos Antonio, yang dikuasai sebentar oleh Marlos untuk kemudian melepaskan sepakan yang ditahan kiper Thibaut Courtois.

Kebuntuan akhirnya pecah pada pertengahan babak pertama. Viktor Korniienko melesak masuk ke kotak penalti Real, sebelum menggulirkan bola kepada Tete yang menyambarnya dengan sepakan untuk menjebol gawang tuan rumah.

Real segera berusaha mencetak gol penyama kedudukan. Namun sundulan Luka Jovic dari umpan Marcelo dapat dengan mudah ditangkap kiper Trubin. Beberapa saat kemudian, justru gawang Real yang kembali kemasukan. Diawali tembakan Tete yang dapat diblok Courtois, namun upaya Varane untuk membuang bola justru berujung dengan sepakan yang membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Baca juga: Meski Kehilangan 3 Pemain, Zidane Tak Beri Tekanan Pada Madrid

Penderitaan Real bertambah menjelang turun minum. Sepakan tumit Tete dapat dimaksimalkan oleh Solomon untuk melesakkan sepakan membobol gawang Real. Shakhtar menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Permainan tim tuan rumah membaik pada babak kedua. Asensio melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan kiper Shakhtar, sebelum mereka mampu memperkecil ketertinggalan melalui sepakan jarak jauh Modric.

Shakhtar seolah akan segera merestorasi keunggulan tiga gol mereka saat Tete menyambar umpan silang Korniienko, namun bola gagal bersarang ke gawang tuan rumah. Justru pemain pengganti Real Vinicius yang mampu segera memberikan dampak. Ia mencuri bola dari penguasaan Marlos, bergerak masuk ke kotak penalti, dan melepaskan tembakan masuk ke gawang Shakhtar.

Kedua tim saling menggempur. Gawang Real kembali kemasukan saat Tete memanfaatkan peluang yang dimilikinya. Namun ia telah terlebih dahulu berada dalam posisi offside. Real juga memiliki gol yang tidak disahkan, yang tercipta menjelang pertandingan usai. Sepakan Valverde mengenai Vinicius sebelum masuk ke gawang Shakhtar, padahal setelah dilakukan peninjauan VAR, Vinicius telah offside. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles