11.8 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Menpora: Bonus SEA Games 2023 sedang Diformulasikan Pemerintah

Jakarta, MISTAR.ID

Jumlah bonus SEA Games 2023 Kamboja yang diterima para atlet Indonesia akan diumumkan pemerintah pada pekan depan.

Keterlambatan bonus itu dari proyeksi, karena Presiden Joko Widodo ada kunjungan luar negeri.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, bonus SEA Games 2023 sedang diformulasikan pemerintah dan kemungkinan akan diumumkan ke publik pekan ini.

Baca juga: Timnas U-22 Raih Emas Sea Games 2023, Begini Kata Ketua DPR RI

“Bonus SEA Games Insya Allah minggu ini. Kita juga lagi menunggu, karena kemarin baru balik dari Jepang. Saat ini sedang diformulasikan yang terbaik,” kata Dito saat menghadiri Kongres Luar Biasa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di FX Senayan, Kamis (25/5/23).

Total anggaran bonus SEA Games 2023 dipastikan melebihi SEA Games 2021 (2022), karena jumlah medalinya meningkat. Dalam pesta olahraga ASEAN di Kamboja itu, Indonesia meraih 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu.

Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari menyebutkan, peningkatan angka bonus merupakan kebijakan pemerintah. Menurutnya, KOI hanya sebatas memberi masukan pada pemerintah.

Baca juga: Tembus Target Emas SEA Games, Menpora Usulkan Tambahan Bonus

Seusai SEA Games 2021 lalu, diketahui atlet tunggal peraih emas mendapat bonus Rp 500 juta, emas ganda Rp 400 juta dan emas beregu dengan nominal Rp 350 juta. Selain itu, ada juga bonus untuk peraih medali perak dan perunggu.

Okto mengatakan, bonus ini jangan sampai menjadi tujuan atlet dan para pelatih. Menurut mantan promotor tinju nasional ini, yang paling penting adalah atlet-atlet Indonesia berjuang atas nama bangsa dan negara, bukan mengejar bonus semata.

“Besaran bonus bukan patokan utama. Ini supaya jangan sampai Indonesia Raya kita dan Merah Putih jadi digantikan sama bonus-bonus,” tandasnya. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles