14.5 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Max Verstappen Pastikan Juara F1 GP Sirkuit Suzuka Jepang

Suzuka, MISTAR.ID

Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen berhasil menjadi pemenang Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Jepang 2022, Minggu (9/10/22). Red Flag sempat menghentikan sementara balapan F1 GP Jepang pada lap ketiga usai sejumlah pembalap mengalami kecelakaan dan Pierre Gasly tertiban papan iklan.

Balapan F1 GP Jepang 2022 baru berlangsung tujuh menit di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada Minggu (9/10/22) siang WIB. Namun balapan harus dihentikan lantaran sejumlah pembalap mengalami kecelakaan alias melintir di tikungan akibat trek yang licin karena diguyur hujan.

Max Verstappen sukses memulai balapan dari posisi terdepan diikuti duo Ferarri Charles Leclerc dan Carlos Sainz kemudian diikuti Sergio Perez dan Lewis Hamilton. Namun hujan deras yang terus mengguyur Sirkuit Suzuka mengganggu para pembalap karena cipratan air mengenai pembalap yang berada di belakang.

Baca juga: Pebalap Tertimpa Papan Iklan, F1 GP Jepang 2022 Dihentikan Sementara

Hingga red flag akhirnya harus dikibarkan setelah Sainz mengalami kecelakaan dengan menabrak pagar pembatas, dan sebelumnya mobil Pierre Gasly juga tertiban papan iklan yang terbang karena copot dari tiangnya.

Setelah cukup lama menunggu di garasi, kini para pembalap tengah bersiap untuk kembali melanjutkan balapan F1 GP Jepang 2022. Balapan F1 GP Jepang sempat coba untuk dilanjutkan dengan para pembalap kembali ke lintasan.

Namun saat percobaan melintas para pembalap kesulitan dalam memandang trek karena hujan terlalu deras. Restart balapan dibatalkan. Usai sempat terhenti pada lap ketiga, balapan kembali dimulai setelah para pembalap menunggu lama di garasi.

Hanya saja balapan tidak berlangsung sesuai rencana awal yaitu sebanyak 53 lap, melainkan hanya berlangsung 27 lap. Saat balapan kembali dimulai Verstappen langsung melesat untuk memimpin F1 GP Jepang 2022.

Baca juga: Dominasi Red Bull di GP Belgia Jadi Modal Kuat Kompetisi GP Belanda

Pada lap ke-10 pembalap Red Bull itu unggul cukup jauh dari Charles Leclerc dengan gap 4,212 detik disusul Mick Schumacher di posisi ketiga dengan selisih 11,447 detik. Verstappen pun mampu tampil dominan hingga terus memimpin jauh di posisi terdepan.

Pada lap ke-27 atau terakhir Vestappen mampu unggul 25 detik atas Leclerc yang berada di posisi kedua. Sementara Leclerc harus bertarung sengit dengan Sergio Perez yang menempel 0,5 detik di belakangnya. Verstappen akhirnya berhasil memenangkan F1 GP Jepang 2022 usai finis di posisi terdepan diikuti Leclerc dan Perez. Sementara Lewis Hamilton finis di posisi kelima. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles