8.2 C
New York
Thursday, March 28, 2024

Maverick Vinales Minta The Doctor Tak Buru-buru Pensiun Dari MotoGP

Madrid. MISTAR.ID

Valentino Rossi yang dijuluki The Doctor telah menjadi icon MotoGP. Karenanya, pebalap Yamaha, Maverick Vinales, berharap Valentino Rossi tidak pensiun dari ajang MotoGP dalam waktu dekat. Pebalap asal Italia itu saat ini sudah berusia 41 tahun. Usia yang tidak muda lagi untuk kategori pebalap yang tampil di ajang balap motor paling prestisius.

Rossi juga belakangan kesulitan untuk bersaing merebut gelar juara seri. Di MotoGP 2019, pengoleksi tujuh gelar juara dunia MotoGP itu hanya dua kali naik podium dengan finis kedua di MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika Serikat.

“Saya tidak tahu berapa lama lagi Valentino akan balapan. Namun saya berharap hal itu akan berlangsung beberapa tahun lagi,” ujar Vinales.

Vinales mengaku Rossi merupakan sosok anutan dan ia belajar banyak dari The Doctor selama jadi rekan setim di Yamaha. Sejak bergabung dengan Yamaha tahun 2015, hubungan Vinales dan Rossi juga terbilang harmonis.

Kondisi ini berbeda saat Rossi masih satu tim dengan Jorge Lorenzo. Keduanya tidak begitu akur karena terlibat persaingan sengit dalam perebutan gelar juara dunia di lintasan.

Vinales juga mengaku sedih karena posisi Rossi sebagai rekan setimnya akan digantikan pebalap asal Prancis, Fabio Quartararo di MotoGP 2021.
“Saya akan merindukan Valentino. Saya agak sedih mengetahui dia pergi dari Yamaha,” ucapnya.

“Saya sudah bersama dia di tim ini dalam waktu lama dan hubungan kami baik. Dia mengajarkan saya untuk memberikan seluruh kemampuan selama balapan dan hal itu membantu saya.”

Sementara itu, perhelatan ajang balap MotoGP diprediksi bakal banyak mengalami perubahan usai pandemi virus corona alias Covid-19. Menurut pengamat MotoGP Carlo Pernat, ajang tangguh kecepatan bergengsi tersebut akan mengalami gejolak sehingga membuat tim-tim besar hingga Moto2 dan Moto3 terkena krisis finansial.

Kemudian, secara perlahan nilai kontrak dan gaji kru juga akan berpengaruh. Belum lagi, jumlah penonton diprediksi mengalami penurunan drastis hingga dua tahun ke depan karena ketakutan pandemi terulang kembali.

Oleh karenanya, Pernat menyarankan supaya Dorna Sport menolak atau menunda keputusan pensiun Valentino Rossi. Pasalnya, The Doctor 46 bisa menjadi sosok penyelamat dari krisis tersebut.

“Rossi akan balapan di MotoGP 2021, itu pasti dan sangat penting bagi MotoGP untuk melakukannya. Rossi adalah satu-satunya pebalap yang bisa memberi semangat supaya helatan MotoGP kembali ramai penonton,” katanya baru-baru ini

“Jika Rossi pensiun, penonton belum tentu akan membeli tiket MotoGP. Paling tidak, hingga dua tahun mendatang karena ketakutan atas Covid-19 yang belum benar-benar tuntas,” lanjut Pernat.

Dirinya juga menyadari bahwa kondisi Rossi yang semakin berumur menyulitkannya untuk kembali menjadi juara dunia. Meski demikian, pebalap Monster Energy Yamaha tersebut masih punya kemampuan dan kemungkinan untuk meraih beberapa podium.

“Dia (Rossi) berbeda dengan Giacomo Agostini, dia benar-benar mencintai dunia balap. Sehingga ada rasa yang berbeda ketika ia tampil di sirkuit,” kata Pernat. “Ketika MotoGP mulai lagi, kejuaraan akan berbeda, baik dalam hal struktur dan orang yang terlibat. Anggota di garasi akan direvisi, begitu juga dalam jumlah penonton, yang saya pikir dalam satu atau dua tahun ke depan akan lebih kecil,” ujarnya lagi.

Sumber : CNN/ Kompas

Editor : Jelita Damanik

Related Articles

Latest Articles