12.5 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Ini Dia Olahraga Dance Sport yang Viral Dibawakan Siswa SMPN 1 Ciawi

Jakarta, MISTAR.ID

Dance sport viral setelah siswa SMPN 1 Ciawi menampilkan cabang olahraga itu dalam video berdurasi 15 detik. Apa sebenarnya dance sport?

Olahraga dance sport ditampilkan oleh siswa bernama Keysha Aditia Putra Winardi dan Devina Anindita, mereka unjuk kebolehan dance sport di hadapan siswa lainnya. Keduanya adalah atlet cabang olahraga (cabor) dance sport dan pernah memenangkan medali emas Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat 2022.

Tarian yang dibawakan oleh Keysha dan Devina merupakan gabungan dari tarian (dance) dan olahraga (sport). Cabor ini telah dikenal secara internasional dan pernah dilombakan dalam lomba olahraga internasional Olympic pada 2015.

Apa Itu Dance Sport?
World Dance Sport Federation (WDSC) mengartikan dance sport sebagai kegiatan yang menggabungkan olahraga dan seni tari. Selain itu, dance sport memungkinkan para peserta untuk meningkatkan kebugaran fisik dan mental, menjalin interaksi sosial, dan diikutkan dalam kompetisi.

Dance sport pertama dikenalkan pada abad ke-20. Saat itu seorang pengusaha Prancis bernama Camille de Rhynal mengenalkan dansa sebagai sebuah kompetisi.

Turnamen dansa Tango akhirnya dibuka pada tahun 1907 di Nice, Prancis. Diikuti dengan turnamen di Paris, Berlin, dan London.

Setelah dikenal lebih luas, dance sport dijadikan sebagai kompetisi dunia di Bad Nauheim, Germany tahun 1936. Pasangan dari 15 negara di 3 benua turut berpartisipasi.

Menurut laman WDSC, kompetisi ini sempat terhenti karena Perang Dunia II. Namun kembali berlanjut dan menjadi salah satu cabor terkenal di dunia.

Jenis-jenis Dance Sport
Ada banyak jenis dance sport yang ditarikan di seluruh dunia. Tapi umumnya ada 4 jenis dance sport yang dilombakan pada kompetisi internasional, yaitu:

* International Style Latin
* Samba, Cha Cha Cha, Rumba, Paso Doble, Jive.
* International Style Standard
* Waltz, Tango, Viennese Waltz, Slow Foxtrot, Quickstep.
* American Smooth
* Waltz, Tango, Foxtrot, Viennese Waltz.
* Carribean Mix
* Salsa, Merengue, Bachata.

Penilaian dalam Dance Sport
Gabungan dari tarian dan olahraga ini menilai postur dan keakuratan gerakan. Peserta dance sport perlu menunjukkan kepercayaan diri agar terlihat elegan.

Selain itu, mereka juga perlu menyesuaikan tarian dengan ketukan dan menunjukkan lekuk tubuh yang elok dan tegas.

Dance Sport di Indonesia
Dance sport mungkin terdengar baru, namun sudah digeluti di Indonesia. Bahkan Asosiasi DanceSport Indonesia telah tergabung dalam WDSF sejak 2010.

Indonesia pernah mengirimkan tiga atletnya ke Kejuaraan WDSF World Breaking Championship 2021 di Paris. Adapun tiga atlet dance sport yang mewakili Indonesia adalah Dwi Cindy Desyana, Hanafi, dan Nur Oktavian. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles