-8.5 C
New York
Saturday, February 4, 2023

Berpesta 4 Gol Tanpa Balas Atas Jamaika, Kanada Lolos ke Piala Dunia Qatar

Toronto, MISTAR.ID

Pesta 4 gol tanpa balas ke gawang Jamaika memastikan Kanada meraih tiket pertamanya ke Piala Dunia 2022 sejak 1986 di BMO Field, Senin (28/3/22). Empat gol kemenangan tuan rumah diciptakan oleh Cyre Larin, Tajon Buchanan, Junior Hoillet, dan bunuh diri Adrian Mariappa. Tambahan tiga angka membuat mereka kukuh di puncak klasemen Kualifikasi Piala Dunia zona Concacaf. Pasukan John Herdman mengumpulkan 28 poin dari 13 laga.

Kanada unggul enam angka dari Amerika Serikat, Meksiko, dan Kosta Rika yang berturut-turut menempati peringkat dua, tiga dan keempat dengan poin sama yaitu 22. Kanada mengamankan tiket ke Qatar setelah dipastikan tak mungkin bisa tergeser oleh Kosta Rika di urutan keempat dengan sisa satu laga yang dimiliki Keylor Navas dkk.

Pasalnya tiga tim teratas di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Concacaf lolos langsung ke Qatar. Amerika Serikat dan Meksiko masih berpeluang menyamai poin Kanada karena baru bermain 12 kali dengan dua laga tersisa. Namun, hal itu takkan mengubah kepastian Kanada untuk tetap aman lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca juga: Gol Tunggal Makedonia Utara di Injury Time, Kubur Mimpi Italia di Piala Dunia 2022

Kanada mengakhiri penantian panjang selama 36 tahun untuk kembali bisa lolos ke Piala Dunia. Ini adalah kali pertama mereka melaju ke ajang tertinggi sepakbola antar negara tersebut sejak edisi 1986. Sebelumnya, edisi 1986 jadi satu-satunya kesempatan Kanada berpartisipasi di Piala Dunia. Mereka kala itu gagal meraih poin dan terbenam di posisi juru kunci grup C karena kalah bersaing dengan Uni Soviet, Prancis, dan Hongaria.

Kanada kini merajut mimpi untuk memperbaiki torehan tersebut di Piala Dunia 2022 nanti. Negeri Daun Maple saat ini punya skuad generasi emas yang beberapa mentas di kompetisi Eropa. Ada Alphonso Davies yang main di Bayern Munich meski saat ini tengah cedera. Selain itu Kanada juga memiliki Jonathan Davies (Lille), Tajon Buchanan (Club Brugge), Cyle Larin (Besiktas), dan Stephen Eustaqio (FC Porto). (detik/hm09)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,695FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles