6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Pusat Oleh-oleh Kabupaten Simalungun Diresmikan

Simalungun, MISTAR.ID

Saat ini, Kabupaten Simalungun memiliki pusat oleh-oleh untuk hasil produksi usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat.

UMKM tersebut dibina oleh Dekranasda dan TP PKK Kabupaten Simalungun, dalam upaya membina generasi milenial yang produktif di bidangnya.

Pusat oleh-oleh Kabupaten Simalungun itu dikelola oleh Usaha Dagang (UD) Rizal Refalino Bersama Lisa (2RBL) dengan jorgan “Rame-rame Belanja Lo”, berlokasi di Jalan Asahan Km 6 Perumahan Sumber Jaya 3 Nagori Sejahtera Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, yang secara resmi telah dibuka oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Sabtu (11/6/22).

Grand Opening UD 2RBL ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dekranasda yang disaksikan Bupati SImalungun, diwakili Sekda Esron Sinaga, dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Simalungun dan TP KK Simalungun, serta pelaku UMKM.

Baca Juga:100 Wirausaha Muda UMKM Samosir Ikuti Pelatihan DEA

Saat peremian, Ketua Dekranasda mengatakan, di Simalungun banyak anak-anak muda yang belum memiliki perkerjaan, oleh karenanya Dekranasda bersama TP PKK melakukan upaya pembinaan agar anak-anak muda di Simalungun memiliki pekerjaan dan bisa melanjutkan sekolahnya.

Menurut Ratnawati, dirinya saat ini menyekolahkan 47 orang anak muda di Simalungun sebagai mahasiswa di berbagai universitas.

“Mereka ini saya bagi, di antaranya ada bekerja di Green Hill Simarjarunjung dan di UD 2RBL ini,” ucapnya.

Baca Juga:Pemkab Batu Bara Siapkan Regulasi Jaring PAD Sektor UMKM

Dalam kesempatan itu, Ratnawati juga mempromosikan berbagai oleh-oleh yang ada di UD 2RBL. Salah satunya adalah roti yang ada di tempat itu.

“Pembuatan roti ini ada pabriknya di sini yang dikelola oleh Kevin Bakeri. Dengan latar belakang saya pengusaha, jadi mereka terus saya bimbing bagaimana membuka usaha yang maju dan bisa kuliah,” ujarnya.

Ratnawati mengajak masyarakat termasuk pemerintah, untuk mendukung mereka agar bisa maju usahanya. Karyawan yang ada di UD 2RBL adalah anak-anak muda yang kreatif dan berkeinginan untuk maju.

Baca Juga:Event Sumut Fashion Week Bangkitkan UMKM Sumut

“Sesuai dengan visi misi bupati, Rakyat Harus Sejahtera. Silakan pelaku UMKM di Simalungun menitip hasil usahanya di UD 2RBL ini untuk dipasarkan,” ujar Ratnawati.

“Saya tidak ada mengambil keuntungan di sini, saya hanya mendukung suami. Hanya Tuhan-lah yang tahu bagaimana cara saya membantu mereka. Saya mau anak Simalungun itu maju dan tampil ke depan, jangan ada yang ketinggalan,” kata Ratnawati lagi.

Kepada karyawan UD 2RBL, Ratnawati berpesan agar selalu memberikan pelayanan dengan sopan dan dibarengi keramahan.

“Berikan kesan yang baik terhadap pembeli, agar usaha ini berjalan dengan baik dan sukses,” pungkasnya.

Baca Juga:Produk UMKM di Kota Medan Diimbau Cantumkan Label Halal

Sebelumnya, Agus Syafrizal selaku Manager UD 2RBL mengatakan, inisiatif membuka usaha dengan jorgan “Rame-rama Belanja Lo” dilatarbelakangi banyaknya UMKM di Kabupaten Simalungun, namun mengalami kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya.

“Ada sekitar 30 ribu pelaku UMKM di Simalungun, akan tetapi mereka bingung untuk memasarkan hasil produksinya. Oleh karena itu, atas dukungan dari Dekranasda Simalungun kami membuka usaha ini sebagai wadah bagi UMKM memasarkan hasil produksinya,” kata Rizal.

Rizal juga berharap dukungan dan kerja sama dari Pemkab Simalungun, manakala ada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, pihak siap untuk menerima pesanan-pesanan.

“Usaha kita maju karena adanya dukungan dari pemerintah. Kalau mau rakyat sejahtera dukunglah UMKM,” tandasnya.(roland/hm10)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles