18.2 C
New York
Tuesday, June 6, 2023

Lima Hari Dibuka PPDB 2023, SMK Pertanian Batu XX Simalungun Minim Pendaftar  

Simalungun, MISTAR.ID

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023-2024 jenjang SMA/SMK sudah dimulai sejak tanggal 20 Mei 2023.

Namun sudah 5 hari sejak pendaftaran dibuka, SMK Pertanian Batu XX yang terletak di Jalan Horailam Saragih, Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun masih minim pendaftar.

Kepala SMK Negeri Pertanian Batu XX, Rosenman Purba mengatakan, saat ini jumlah pendaftar masih 17 orang. Padahal menurutnya, tahun ini SMK Pertanian Batu XX menargetkan 180 orang siswa-siswi untuk 4 rombongan belajar (rombel).

Rosenman mengatakan, kurangnya minat pelajar untuk bertani menjadi tantangan saat ini, mengingat di Kabupaten Simalungun, tepatnya Pamatang Raya merupakan salah satu daerah yang mayoritas bertani.

“Kebanyakan siswa-siswi saat ini maunya duduk di sofa empuk dan meja yang bagus,” sebutnya

Menurut Rosenman, jika fenomena ini terus berlangsung akan menjadi ancaman keberlangsungan hidup 20 tahun kedepan. “Mungkin saat ini masih aman, namun generasi kita akan terancam,” pungkasnya.

“Kondisi sekolah yang masih baru, serta fasilitas kurang mendukung menjadi salah satu faktor minimnya minat siswa-siswi untuk melanjutkan jenjang pendidikan di SMK Pertanian Batu XX,” tambah Rosenman.

Di tahun ini hanya 75 siswa-siswi yang lulus dari  SMK Pertanian Batu XX, padahal permintaan dari perkebunan cukup tinggi. “Kita kekurangan siswa-siswi untuk dipekerjakan, padahal banyak permintaan dari Palembang, Kalimantan dan Riau,” kata Rosenman.

Rosenman menambahkan, saat ini pendaftaran dilakukan sistem online. Namun bagi calon siswa-siswi yang tidak mengetahui mekasnisme pendaftaran, dapat hadir langsung ke sekolah dan nantinya akan dipandu panitia PPDB. (indra/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles