24.6 C
New York
Friday, June 21, 2024

Berkas Kecelakan Beruntun di Bulu Pange Dilimpahkan ke Kejari Simalungun

Simalungun, MISTAR.ID

Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Simalungun telah melimpahkan berkas perkara (tahap I) kasus kecelakaan beruntun di Nagori Bulu Pange, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun ke Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, pada Rabu (24/2/24).

“Berkas sudah sudah dikirim (dilimpahkan) tahap pertama ke Kejaksaan,” ungkap Kasat Lantas Polres Simalungun, Iptu Joni Sinaga.

Dengan dikirimnya berkas perkara itu, nantinya penyidik kepolisian tinggal menunggu petunjuk dari jaksa terkait apa-apa saja yang kurang dalam pemberkasan, sebelum nantinya dinyatakan lengkap.

Baca juga:Kecelakaan Beruntun Tewaskan 6 Orang, Sopir Ungkap Kronologisnya

Diketahui, Sat Lantas Polres Simalungun juga memanggil perusahaan air minum dalam kemasan Aqua yang bernaung di bawah PT Tirta Sibayakindo, buntut dari kecelakaan beruntun tersebut.

Aqua dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab atas tewasnya 6 orang lantaran rem blong truk tronton yang mengangkut 900 lebih muatan galon air dan menghantam belasan unit kendaraan di lokasi kejadian.

Joni mengatakan, sesuai rencana sopir Dedi Setiadi Maret Tampubolon (35) akan membawa muatan Aqua untuk dikirimkan dari Tanah Karo ke Kota Pematangsiantar, sebelum peristiwa nahas tersebut terjadi.

“Untuk sementara, kita kenakan pasal 310 ayat 1, ayat 2 dan ayat 3 Undang-Undang (UU) Nomor 22 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan,” kata Jonni.

Baca juga:Ini Nama Guru SMKN 1 Siantar Jadi Korban Kecelakaan Beruntun

Diberitakan sebelumnya, Kejari Simalungun telah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) atas nama tersangka Dedi Setiadi Maret Tampubolon.

Kasi Intelijen, Edison S Situmorang mengatakan, SPDP diterima pihaknya pada Senin (29/1/24) kemarin. Polres Simalungun hingga kini masih terus melengkapi berkas untuk dilakukan tahap II yaitu penyerahan barang bukti dan tersangka.

“SPDP sudah kita terima Senin (29/1/24) sore. Adapun Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang ditugaskan yaitu Barry Sugiarto,” kata Edison. (hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles