24.1 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Wali Kota Siantar Bangga Tabligh Akbar Hasil Kolaborasi Pemko dan 3 Ormas Islam

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Kegiatan Tabligh Akbar menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah yang digelar di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Jumat (3/3/23) malam, merupakan kolaborasi Pemko Pematang Siantar bersama tiga organisasi masyarakat (Ormas) Islam.

Kegiatan tersebut membuat Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani merasa bangga.

“Terjadi kolaborasi Pemko Pematang Siantar dengan tiga ormas Islam, yakni PD Al-Washliyah, PD Muhammadiyah, dan PC Nahdlatul Ulama Kota Pematang Siantar,” kata Susanti dalam sambutannya di acara yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori Internasional H Mad Kasad Lubis SPdI, qori perwakilan Indonesia di Bahrain tahun 2019.

Baca Juga:Pemko Siantar Tambah 3 CCTV Pemantau dan Wifi Gratis, Ini Lokasinya

Susanti menyampaikan, Pemko Pematang Siantar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerjasama setelah berkolaborasi dan bekerja keras dalam mempersiapkan segala sesuatunya sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Acara Tabligh Akbar ini juga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Kita bersyukur akan datangnya bulan suci Ramadhan. Insya Allah sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan yang penuh rahmat,” kata Susanti.

Susanti mengharapkan, kegiatan Tabligh Akbar dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan Ukhuwah Islamiyah.

Menurut Susanti, Pemko Pematang Siantar mempunyai komitmen yang tinggi dan tetap konsisten di dalam program-program penguatan nilai-nilai keagamaan yang sudah tertuang di dalam visi misi Wali Kota Pematang Siantar dan tentunya tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pematang Siantar.

Baca Juga:Banggar DPRD Sumut Temukan Selisih DBH untuk Pemko Siantar Sebesar Rp7M

“Kita semua tentunya terharu, bangga, dan bahagia ketika para tokoh-tokoh, para pemimpin organisasi masyarakat yang besar yang ada di Kota Pematang Siantar berdiri di depan bersatu padu, berkolaborasi, dan bekerja sama untuk sesuatu kegiatan yang sifatnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kota Pematang Siantar,” terangnya.

Harapan lainnya, umat Islam di Kota Pematang Siantar saling bersatu, rukun, damai, dan duduk bersama di antara masyarakat yang mungkin berbeda keimanan.

“Jika itu semua terjadi, Insya Allah Kota Pematang Siantar menjadi kota toleransi semakin dekat di depan kita,” ujar Susanti disambut tepuk tangan para peserta Tabligh Akbar.

Dalam kesempatan tersebut, Susanti juga menyinggung besarnya animo masyarakat dalam kegiatan ini, terkhusus kaum ibu. Semuanya bersatu tumpah-ruah di Lapangan H Adam Malik.

Sehingga lapangan menjadi penuh berkah dan menjadi saksi telah terjadi kolaborasi antara Pemko Pematang Siantar dengan tiga ormas besar Islam yang ada di Kota Pematang Siantar.

“Kita tetap komitmen kegiatan ini akan menjadi agenda rutin di Kota Pematang Siantar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua PW Al-Washliyah Sumatera Utara (Sumut) Dr H Dedi Iskandar Batubara menyampaikan, malam itu sejarah besar kembali diukir oleh ormas-ormas Islam di Kota Pematang Siantar.

Baca Juga:Pemko Siantar Akan Buka Kembali Pasar Murah Jelang Ramadhan 2023

Sebab kegiatan tersebut bukan sekadar Tabligh Akbar menyambut bulan suci Ramadhan. Tetapi ada pesan yang ingin disampaikan dari tanah yang luar biasa, tempat lahirnya Wakil Presiden Republik Indonesia Adam Malik. Di mana, tidak pernah ada perbedaan sesungguhnya dalam urusan-urusan prinsip antara Al Washliyah, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

“Ini yang saya kira paling penting bagi kita. Sehingga sampai kapan pun tidak akan mungkin ada potensi konflik yang lahir kalau semua ormas-ormas Islam kompak dan bersama dalam upaya memajukan kota ini,” sebutnya.

Ditambahkan Dedi Iskandar, masyarakat Kota Pematang Siantar patut berbahagia karena memiliki wali kota yang begitu peduli.

“Terima kasih Bu Wali Kota. Komitmen ini tentu saja menjadi semangat bagi ormas-ormas Islam, tidak hanya di Pematang Siantar, tapi juga di daerah-daerah lainnya. Selama kita semua bisa bersama, maka tidak mungkin ada perpecahan yang terjadi di antara kita,” katanya.

Kegiatan juga dimeriahkan penampilan penceramah Ustadz Anugrah Cahyadi (Ucay), Finalis Aksi Indonesia 2022.

Hadir pada kegiatan Tabligh Akbar ini, Ketua PD Al-Washliyah Kota Pematang Siantar M Ishak Hutasuhut, Ketua PC Nahdlatul Ulama H Maranaik Hasibuan MA, Ketua PD Muhammadiyah Pematang Siantar Ir HM Amin Siregar, sejumlah Unsur Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, dan pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar. Juga para alim ulama, tokoh Agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda se-Kota Pematang Siantar.(ferry/hm12)

 

Related Articles

Latest Articles