6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Wali Kota Siantar Ajak Masyarakat dan Pengusaha Tanggap Bencana Hidrometeorologi

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematang Siantar Hj Susanti Dewayani SpA mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk kalangan pengusaha untuk tanggap bencana hidrometeorologi.

Ajakan wali kota itu disampaikan dalam kegiatan Talk Show Penguatan Kapasitas Masyarakat dan Dunia Usaha Dalam Penanggulangan Bencana di Kota Pematang Siantar, yang digelar di Hotel Sapadia, Kamis (8/12/22).

Hj Susanti Dewayani mengatakan, kegiatan ini sebagai implementasi dari UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang menekankan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana mencakup tahap prabencana (pencegahan dan kesiapsiagaan), saat tanggap darurat dan saat pascabencana atau pemulihan.

Baca Juga:Wali Kota Siantar Hadiri HUT ke-92 Al Jamiyatul Washliyah, Ini Harapannya

“Paradigma penanggulangan bencana saat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengelola dan menekan risiko terjadinya bencana,” kata wali kota.

Untuk itu, hal terpenting dalam paradigma ini adalah memandang masyarakat sebagai subyek dan bukan obyek dari penanggulangan bencana, sebagaimana amanat Pasal 27 huruf b UU No 24 tersebut yang menjelaskan bahwa setiap orang berkewajiban melakukan kegiatan penanggulangan bencana.

“Melihat situasi dan kondisi sekarang ini, yang terjadi hampir di semua daerah, yaitu potensi bencana hidrometeorologi, antara lain, cuaca ekstrem, hujan deras diikuti angin puting beliung, banjir dan longsor. Wilayah Kota Siantar tidak terlepas dari hidrometeorologi itu,” papar Hj Susanti.

Baca Juga:Wali Kota Siantar Resmikan Ruang Media Center Untuk Jurnalis di Dinas Kominfo

Dalam kegiatan, hadir Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemko Pematang Siantar Robert Samosir, para pejabat unsur TNI, Polri, anggota DPRD, kalangan pengusaha, kalangan pemuda, serta kalangan akademisi.

Kegiatan dilanjutkan Talk Show tentang Penanggulangan Bencana yang nenghadirkan sejumlah nara sumber dari berbagai disiplin ilmu.(maris/hm10)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles