5.6 C
New York
Monday, January 30, 2023

Sambut Hari Sumpah Pemuda, AMPI dan IDI Gelar Donor Darah

Pematangsiantar | MISTAR.ID – Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Pematangsiantar menggelar bhakti sosial donor darah di kawasan lapangan Haji Adam Malik Kota Pematangsiantar, Sabtu (26/10/19).

Kegiatan AMPI itu dilaksanakan bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pematangsiantar-Simalungun sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan darah. Seperti disampaikan Ketua AMPI Kota Pematangsiantar, Pardamean Sihombing.

“Kegiatan bhakti sosial donor darah, kerja sama dengan IDI Pematangsiantar-Simalungun dan juga PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Pematangsiantar. Dirangkaikan ini dengan hari ulang tahun Partai Golkar yang ke 55, sekaligus untuk menyambut hari sumpah pemuda ke 91 yang jatuh pada tanggal 28 oktober ini,” tutur Pardamean.

“Donor darlah partisipasi AMPI Kota Pematangsiantar terhadap perayaan sumpah pemuda, ini bentuk kepedulian AMPI Kota Pematangsiantar secara kemanusiaan bagi yang membutuhkan darah. Kita donorkan ini melalui PMI Kota Pematangsiantar untuk mendistribusikannya kepada yang membutuhkannya,” lanjutnya.

Donor darah, kata Pardamean, rencananya akan rutin digelar dua kali setahun atau minimalnya sekali dalam setahun. Bahkan pihaknya sudah merencanakan merangkaikan kegiatan donor darah dalam acara pelantikan pengurus AMPI di tingkat kelurahan dan kecamatan yang saat ini sudah dalam tahap konsolidasi.

“Karena memang, menurut PMI Kota Pematangsiantar, kurang lebih 800 kantung darah dibutuhkan setiap bulannya di wilayah PMI Kota Pematangsiantar ini. Dari kita muncul rasa kemanusiaan untuk berpartisipasi membantu mendonorkan darah,” tandasnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Pematangsiantar, Mangatas MT Silalahi mengatakan bahwa kegiatan bhakti sosial itu juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Partai Golkar, dan juga sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda. Harapan golkar, mudah-mudahan juga bisa membudayakan kegiatan seperti ini.

“Melalui kegiatan ini, kita juga mengajak partai-partai lain, karena ini menyangkut soal kemanusiaan. Artinya, ketika kita mendonor darah, kita sudah membantu saudara kita yang lain. Harapan kita ini rutin digelar, satu kali dalam 6 bulan, atau paling tidak satu kali dalam setahun. Kita ucapkan terimakasih kepada IDI dan PMI yang memprakarsai kegiatan ini,” tutupnya..

Menanggapi kegiatan itu, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Pematangsiantar, Abadi Sinaga mengucapkan terimakasih kepada AMPI, Golkar dan semua orang yang mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini.

“Jadi ini sangat membantu pasien yang membutuhkan darah di seluruh rumah sakit yang ada di Pematangsiantar-Simalungun. PMI Kota Pematangsiantar juga melayani sampai ke Pangururan Samosir, sampai ke Balige. Bagi kelompok atau organisasi yang ingin mendonorkan darahnya, silahkan hubungi PMI,” ungkapnya.

Reporter: Ferry Napitupulu
Editor: Herman Maris

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,686FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles