-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Pelepasan Merpati Hingga Makan Nasi Tumpeng Warnai Perpisahan Siswa SMK Negeri 2 Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Pematangsiantar, menyelenggarakan perpisahan bagi 517 siswa kelas XII yang baru saja usai mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) berbasis computer based  test (BCT) atau android. Perpisahan yang diikuti seluruh siswa ini dilakukan di aula sekolah, Kamis (28/4/22).

Acara perpisahan diisi dengan serangkaian kegiatan, mulai kata sambutan, pelepasan siswa dengan memberi makan nasi tumpeng, juga ditandai dengan melepas sepasang burung merpati ke alam luas, serta tak lupa penampilan atraksi menggunakan mobil pemadam kebakaran dan kesenian dari siswa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Pematangsiantar Bintang Tumanggor, S.Pd. menyampaikan ucapan selamat dan bangga pada seluruh siswa kelas XII yang sudah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun.

Baca juga:Wow! Dalam Sebulan, Siswa SMK Nikahi Dua Gadis

“Hari ini kami beri makan mereka dengan nasi tumpeng, dan sekaligus rangkaian doa untuk melepaskan mereka. Serta pelepasan sepasang burung merpati ke alam luas agar terbang setinggi -tingginya,” ujar Bintang saat wawancara disela kegiatan tersebut.

Bintang menjelaskan, arti pelepasan sepasang burung merpati itu menggambarkan agar anak didiknya saat sudah dilepas dari sekolah ini dapat sukses menggapai cita-citanya setinggi mungkin. Terus belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Selain itu, lanjut dia, siswa-siswi kelas XII ini merupakan gambaran sekolah SMK Negeri 2 di luar sana. Diharapkan tetap menjaga baik nama sekolah, bahkan menjadi orang yang membanggakan sekolah diluar sana.

“Siswa-siswi ini akan dilepas ketengah masyarakat. Mereka sebagai cerminan sekolah ini. Tentang bagaimana selama ini para guru maupun stakeholder sekolah ini membimbing anak-anak tersebut,” terang dia.

Bintang pun meyakini bahwa suatu hari nanti ketika mereka (Murid) kembali dan berkata kepada sekolah bahwa kami telah berhasil mencapai cita-cita itu.

Baca juga:Perpisahan SMA Negeri 2 Siantar Ditandai Pelepasan Puluhan Balon

Dalam kesempatan itu juga Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Pematangsiantar mengucapkan terimakasih kepada wali siswa yang sudah mempercayakan putra putrinya untuk dididik di sekolah tersebut.

“Dan ini sudah menjadi komitmen kami untuk menjawab kepercayaan tersebut dengan mendidik dan menyiapkan para siswa menjadi tenaga ahli yang profesional di bidangnya. Dimana ada 9 program keahlian dalam 6 jurusan di SMK Negeri 2,”  tutup Bintang Tumanggor. (Yetty)

 

Related Articles

Latest Articles