9.3 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Kala Pedagang Bunga Raup Keuntungan Jelang Perayaan Paskah

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Senyum merekah menghiasi wajah para pedagang Pedagang bunga tangkai yang berada di sepanjang Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar. Baru satu jam membuka lapak dagangannya di pinggir jalan, dagangannya sudah banyak dihampiri para pembeli. Baik yang datang berjalan kaki, atau bahkan yang masih berada di dalam mobilnya. Bunga dagangan mereka pun banyak dibeli masyarakat untuk keperluan ziarah kubur menjelang perayaan Paskah, Jumat (15/4/22).

Diketahui, Umat Kristen dan Katolik akan memperingati Hari Kebangkitan Yesus Kristus dengan perayaan Paskah. Perayaan Paskah itu sendiri bakal dilangsungkan pada Minggu 17 April 2022 besok. Disaat ini momen pedagang bermunculan dan menjajakan dagangan bunga.

Baca juga:Jelang Paskah, Penjual Bunga di Balige Kais Rejeki

Salah seorang wanita pedang bunga yang bermarga Karosekali mengatakan kalau daganganya mengalami peningkatkan pada sektor pembeli untuk tahun ini. Beberapa jenis bunya yang dijualnya sudah banyak laku terjual.

“Sudah banyak lah terjual dua hari ini. Rata-rata bunga yang terjual itu jenisnya, Tekwa putih, kuning dan merah. Harganya untuk dua tangkai Rp25.000,” ujar wanita itu selaku pemilik toko Bunga di Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar.

Lanjutnya lagi, bunga Tekwa yang laku terjual tersebut memiliki nama berbeda. Seperti di Karo, namanya Tekwa. Tapi orang-orang banyak menyebutnya dengan sebutan bunga Krisan.

“Bunga-bunga ini dari Karo. Kalau di Karo namanya Tekwa. Tapi orang-orang bilang, bunga Krisan. Dua hari ini lumayan penjualan kami, ada peningkatan tahun ini. Tahun kemarin gak ramai,” katanya lagi.

Diketahui juga, penjualan pedagang bunga di Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar mengalami peningkatan sebesar 50 persen dibandingkan dengan tahun lalu. “Ada peningkatan tahun ini. Banyak yang beli, tahun kemarin sunyi kali karena Covid -19,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Erna yang juga pedagang bunga di Jalan Merdeka mengatakan, untuk bunga Ester dijual dengan harga Rp25.000 teruntuk tiga ikat bunga dan bunga Kardiol seharga Rp10.000.

“Kalau untuk lakunya sudah banyak. Tidak dihitung, yang pasti lumayan lah banyak yang terjual,” ujar Erna ditanyai, Jumat (15/4/22).

Baca juga:Hari Paskah di Siantar, Penjual Bunga Mendulang Rezeki

Tambah Erna lagi, para pembeli bunya meningkat lantaran banyak Umat Kristen yang akan ziarah ke kuburan keluarga. Hal itu terjadi lantaran menyambut perayaan Paskah.

“Ada yang beli untuk hiasan di rumah. Tapi lebih banyak yang beli itu untuk ziarah ke kuburan, kan mau Paskah ini,” katanya.

Sementara itu, Juwita (26) pembeli bunga yang ditemui di Jalan Merdeka mengatakan, dirinya membeli beberapa potong bunga untuk menyembut perayaan Paskah. “Untuk dibawa ke kuburan keluarga,” ujarnya singkat. (hamzah/hm06).

 

Related Articles

Latest Articles