5.9 C
New York
Sunday, March 26, 2023

Harga Tomat Anjlok

Pematangsiantar | Mistar – Harga tomat di sejumlah pasar tradisional Pematangsiantar masih anjlok. Harga terakhir, Jumat (18/10/2019) di dua pasar tradisional, Pasar Horas dan Pasar Parluasan, kisaran harga tomat antara Rp 2000 sampai Rp 7000 per kilogram.

Anjloknya harga tomat itu ditengarai melimpahnya hasil panen petani dari daerah SImalungun.Kondisi ini membuat tengkulak tomat tidak bisa meraih untuk maksimal, bahkan malah merugi.

Seroang tengkulak di Pasar Horas, R Purba, yang memiliki pasar sampai luar Pematangsiantar mengakui sedang mengalami kesulitan terkait harga tomat.

“Ambilan kami dari petani antara Rp 3500 – Rp 4500. Belum lagi tomat yang rusak atau busuk, itu jadi tanggungjawab saya. Kalau harga bagus, pernah meraih untung sampai Rp 8 sampai Rp 10 juta. Kalau seperti ini,mendapatkan untung Rp 5 juta saja sudah sangat sulit,” ujarnya.

Baik petani maupun tengkulak tomat, berharap kehadiran pemerintah mengatasi persoalan ini. Jika masih berlanjut lama, bukan tidak mungkin tomat sama sekali tidak ada yang membeli dari petani.

Penulis : yetti
Editor : mahadi

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,752FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles