-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

GMKI USI Gelar Diskusi Terbuka, Pentingnya Jalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pematangsiantar, MISTAR.ID
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Komisariat Universitas Simalungun (USI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun menggelar diskusi terbuka, Kamis (29/7/21).

Diskusi terbuka yang digelar di Cafetaria USI itu mengambil tema “Pentingnya menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, dihadiri Mahasiswa USI, GMKI Cabang Pematangsiantar-Simalungun, dan beberapa petinggi Kampus yang ada di USI.

Kegiatan yang dimoderatori Andry Chrystofer Napitupulu itu menghadirkan pemateri antara lain Rektor USI Corry Purba, Fernando Siburian dari Badan Pengurus Cabang GMKI Cabang PSS MB 2021-2023, dan Jesica Triani Purba dari Badan Pemeriksa Keuangan GMKI Cabang PSS MB 2021-2023.

Baca Juga:GMKI Komisariat USI Cabang Siantar-Simalungun Gelar Pelatihan Desain Grafis

Dalam kegiatan tersebut, Rektor USI menyampaikan pandangannya terkait dengan thema diskusi. Sesuai dengan UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa setiap Perguruan Tinggi wajib menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, dalam artian yang berhak untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan hanya Mahasiswa saja, melainkan staf dan dosen juga diharapkan untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi Tersebut.

“Saat ini Universitas Simalungun telah ikut dalam Program Kampus Merdeka yaitu Program yang disampaikan Menteri Pendidikan Nadiem Makariem, mahasiswa yang dapat mengikuti Program Kampus Merdeka ialah mahasiswa yang sudah menjalankan 4 semester tahun ajaran, ketika mahasiswa sudah menjalankan 4 semester maka mahasiswa layak untuk menjalankan Program Kampus Merdeka tersebut dengan memilih salah satu prodi yang ada di luar kampus mahasiswa. Untuk itu, pergunakanlah waktu ketika saat menjadi seorang mahasiswa, mari memberikan kontribusi ataupun bukti nyata sebagai mahasiswa baik itu di sektor kampus maupun di sektor luar kampus,” tuturnya.

Baca Juga:GMKI NPS Siantar Latih Kader Bidang Desain Grafis

Sementara itu, Jesica Triani Purba mengaku sangat senang, bahwa ketika berbicara soal Mahasiswa tidak akan pernah selesai.

“Kita harus apresiasi hal ini, karena kita yang saat ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi sebagai mahasiswa, kita harus mengetahui juga apa itu mahasiswa. Mungkin Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi rule of model mahasiswa dalam melaksanakan peran fungsinya di perguruan tinggi manapun, inilah tanggung jawab berat, jika bukan mahasiswa yang mengoptimalkan peran tersebut kemungkinan akan terjadi krisis kepemimpinan, mahasiswa hilang sifat kritisnya, lalu sifat kemanusiaannya, dan ilmu untuk diamalkan,” ungkapnya.(ferry/hm10)

Related Articles

Latest Articles