20 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Gerimis Iringi Warga Siantar Salat Idul Adha 1445 Hijriah

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kendati di bawah siraman gerimis, masyarakat Kota Pematangsiantar melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah /2024 di Lapangan Adam Malik, dengan penuh kekhusyukan, pada Senin (17/6/24).

Ribuan warga secara tertib datang membanjiri lapangan kebanggaan Kota Sapangambei Manoktok Hitei itu. Jalannya pelaksanaan salat berlangsung aman dan lancar meski sempat rintik hujan.

Tampil sebagai khatib, Ustadz Maranaik Hasibuan dan Imam, Ustadz Dzulfi Hariri Hasibuan. Dalam khotbahnya, Maranaik menyebut pentingnya melaksanakan kurban dan hal itu mengingatkan manusia pada kisah Nabi Ibrahim.

Baca juga:Wali Kota Medan Bobby Salat Idul Adha di Lapangan Cassia Raya

“Dengan berqurban kita menerapkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan,” sebutnya.

Amatan di lokasi, aparat kepolisian dari Polres Kota Pematangsiantar dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) juga melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas (lalin) di sekitar Lapangan Adam Malik.

Usai melaksanakan Salat Idul Adha, para jamaah terlihat saling bersilaturahmi. Mereka bersalaman serta menyampaikan mohon maaf lahir batin pada satu sama lain.

Sementara itu, Wali Kota, Susanti Dewayani meminta masyarakat dapat mengambil hikmah di momen Idul Adha tahun 2024. Kepedulian terhadap sesama menjadi poin penting.

“Di momen spesial kali ini, menunjukkan kepedulian kita kepada sesama, kepedulian pada lingkungan, dan kepedulian kita kepada orang yang membutuhkan,” ucap Susanti usai melaksanakan salat.

Baca juga:Jamaah Salat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Sumut Membludak

Kepedulian tersebut, kata dia, menjadi suatu komitmen di dalam menjaga tali persaudaraan kepada sesama ciptaanNya. Saling berbagi dan menolong sesama salah satunya dengan berkurban.

“Dan komitmen kita bersama di dalam mendukung persatuan, kesatuan dan persaudaraan seluruh umat khususnya di Kota Pematangsiantar,” sebutnya.

Dikatakan Susanti, Pemko Pematangsiantar menjadwalkan pelaksanaan kurban pada esok hari. “Besok ya, Pemko Pematangsiantar akan melakukan penyembelihan hewan kurban,” pungkasnya. (jonatan/hm16)

Related Articles

Latest Articles