6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Gebyar UMKM Siantar Ditutup, Ini Pesan Wali Kota

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pematang Sianțar 2022 secara resmi ditutup Wali Kota Susanti Dewayani, Sabtu (26/11/22) sore.

Selama tiga hari pelaksanaan Gebyar UMKM di Lapangan H Adam Malik, berlangsung sukses. Susanti mengatakan, Gebyar UMKM tahun ini berjalan lancar dan sukses.

Selain menjadi ajang promosi, pemasaran dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penampilan adat dan budaya, khususnya kebudayaan Simalungun, sebagai kearifan lokal di Kota Pematang Siantar.

Baca Juga:Gebyar UMKM Siantar Dirangkai Pemecahan Rekor MURI Marumpasa Simalungun

Paling membanggakan, telah berhasil meraih Rekor MURI, yakni kegiatan Marumpasa Simalungun atau berbalas pantun menggunakan bahasa Simalungun dengan peserta terbanyak, yaitu 1.848 siswa-siswi SMP dan SMA se-Kota Pematang Siantar.

“Prestasi luar biasa ini bisa kita raih berkat kerja sama seluruh stakeholder yang peduli dengan UMKM, adat, dan budaya Simalungun,” sebutnya.

Susanti berharap, Rekor MURI bukan seremonial semata, tetapi sebagai momentum untuk menggelorakan dan meyakinkan masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri, dalam konteks ini produk unggulan UMKM dan IKM Kota Siantar.

“Dengan Gebyar UMKM dan Rekor MURI Marumpasa Simalungun, diharapkan akan menambah semangat kita, terlebih para pelaku UMKM dan IKM untuk meningkatkan kinerja,” imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Susanti mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada para pengusaha, pelaku UMKM dan IKM, serta Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar.

Baca Juga:Asiafi Pandu Senam Sehat Bersama Warga Siantar di Gebyar UMKM 2022

Sehingga Pemko telah menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM. Lencana tersebut diberikan langsung oleh Gubsu Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur di Kota Medan pada 15 November 2022 lalu.

“Semoga UMKM dan IKM Siantar dapat tetap berkarya untuk memajukan usaha kreatif di Kota Pematang Siantar, yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Gebyar UMKM Sianțar Elpiana Turnip melaporkan, selain meraih rekor MURI, juga dilaksanakan berbagai perlombaan trio, lomba umpasa, lomba iklan dan fotografi, serta melibatkan 87 UMKM dengan total transaksi perputaran uang lebih kurang Rp237 juta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah para pemenang lomba.

Turut hadir, Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting, Plt Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Herbert Aruan, Plt Kadis Kominfo Johannes Sihombing, perwakilan Bank Sumut, perwakilan SRC dan para pelaku UMKM. (yetty/ril/hm12)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles