4.1 C
New York
Tuesday, February 27, 2024

BLT UMKM Cair Awal Maret 2022? Ini Tanggapan Dinas Koperasi dan UKM Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah mengeluarkan suatu program bantuan stimulus bagi pelaku usaha yang disebut Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM sejak tahun 2020 lalu secara bertahap. Program ini menyasar jutaan pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia. Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM ini telah membantu banyak pelaku UMKM selama pandemi hingga tahun 2021.Bantuan ini diharap bisa meringankan beban pelaku usaha yang terdampak Covid-19.

Sejumlah pelaku usaha pun bertanya-tanya, apakah BLT UMKM ini akan berlanjut lagi di tahun 2022? Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi (kadiskop), UKM dan Perdagangan Kota Pematangsiantar Dra Elpiana Turnip mengatakan, dilanjutkan atau tidaknya program BLT UMKM tergantung kebijakan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Pasalnya, belum ada pengumuman resmi dari Kementerian Koperasi dan UKM terkait kelanjutan pemberian BLT UMKM pada 2022. Dan kami pun belum ada informasi apapun tentang BLT tersebut,” ujar Elpiana saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (23/2/22).

Baca Juga:Pemkab Simalungun Usulkan 98 Ribu Berkas Penerima Program BPUM

Dia menuturkan bahwa bantuan tahun ini, apakah dikhususkan untuk pelaku UMKM yang belum menerima BPUM atau BLT UMKM, menurutnya selama ini informasi terhadap bantuan tersebut disalurkan pada pelaku usaha itu secara langsung.

Biasanya, lanjut dia, apabila tercatat sebagai penerima BPUM, masyarakat bisa menghubungi kantor cabang bank bersangkutan terdekat untuk jadwal pencairannya, salah satunya adalah BRI. “Itu yang menentukan pusat semuanya. Dan bekerja sama langsung dengan bank yang ditunjuk pemerintah. Jadi, mohon bersabarlah untuk penyaluran BPUM atau BLT UMKM tahun 2022,” tutup Elpiana.(yetty/hm15)

Related Articles

Latest Articles