30.4 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Melihat Kepribadian Seseorang Lewat Tanda Tangan

Jakarta, MISTAR.ID

Karakteristik goresan pena seseorang dapat digunakan untuk mengelompokkan sifat manusia atau biasa dikenal dengan ilmu grafologi. Menurut laman Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, Abbe JH Michon mengungkapkan bahwa tanda tangan adalah salah satu cara melihat kepribadian seseorang.

Ilmu grafologi meyakini bahwa gerakan otot saat menulis mampu merepresentasikan sistem saraf Ideo Motor Responses (IMR). Gerakan otot ini terjadi tanpa disadari sebagai respons terhadap stimulasi alam bawah sadar.

“Melalui tanda tangan, kita bisa melihat respons emosional, intelektualitas, motivasi, energi, dan dorongan seseorang,” jelas Abbe, seperti dilansir dari cnn, Kamis (11/7/24).

Baca juga: Diduga Pemalsuan Tanda Tangan, Pemilihan Ormawa Kampus di Medan Berujung Ricuh

Berikut beberapa tipe kepribadian berdasarkan tanda tangan:

Tanda tangan dengan inisial nama

Tanda tangan yang menggunakan inisial nama menunjukkan seseorang yang menjaga privasi. Juga tidak suka bertele-tele. Hal ini juga bisa diartikan sebagai bentuk kepercayaan diri dan aktualisasi diri.

Tanda tangan yang diakhiri dengan garis bawah

Tanda tangan seseorang yang diakhiri dengan garis bawah diindikasikan sebagai orang dengan keyakinan tinggi dan memiliki keberanian penuh. Mereka juga memiliki jiwa kepemimpinan.

Jika garis bawah tanda tangan terlalu pendek, artinya pemilik tanda tangan tersebut memiliki karakter dominan atau suka mengontrol orang lain.

Baca juga: Pemalsuan Tanda Tangan Mantan Rektor dan Dekan FE USI Tidak Dibawa ke Ranah Hukum, ILAJ Duga Ada Persekongkolan

Tanda tangan yang cenderung miring ke atas

Bagi tanda tangannya cenderung miring ke atas, diartikan memiliki kepribadian eksklusif dan percaya pada masa depan cerah. Mereka memiliki semangat kerja dan inisiatif tinggi, hangat, ramah, dan peduli orang lain.

Tanda tangan yang penuh dekorasi

Ilmu grafologi menilai dekorasi dan hiasan merupakan simbol mencari perhatian pada tanda tangan. Tipe ini menunjukkan kurangnya kepercayaan diri. Mereka cenderung pintar berbohong dan agresif.

Dekorasi pada tanda tangan mengindikasikan sifat menutup diri dan kecenderungan pesimis. (cnn/hm20)

Related Articles

Manfaat Punya Kebun di Rumah

Kenali Love Bombing

Latest Articles