27.8 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Usai Lebaran, Atlet Cricket Sumut Kembali Latihan untuk Kesiapan PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Jelang bergulirnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut pada 8-20 September mendatang, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan uji fisik pada Jumat (19/4/24) dan uji teknik (games) pada Sabtu (20/4/24) di Universitas Negeri Medan (Unimed).

Kegiatan ini juga menjadi ajang halal bi halal antara pengurus, pelatih, dan atlet cricket Sumut, serta menyambut kepulangan pelatih asing dari Sri Lanka yang telah berlibur bersama keluarganya selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

Ketua Umum Pengprov PCI Sumut, Wangsa Amin mengatakan, materi uji fisik yang diujikan kepada atlet meliputi test v sit and reach, stork balance test, grip strength, medicine ball, triple jump, 20 meter sprint, 300 meter run, core plank test, dan bleep test. Tujuan dari uji ini adalah untuk mengevaluasi kondisi fisik atlet pasca puasa Ramadhan dan libur Idul Fitri 1445 H.

“Hal dilakukan untuk melihat kemampuan kondisi fisik pasca puasa penuh di bulan Ramadan dan libur hari raya Idul Fitri 1445 H,” ujarnya.

Baca Juga : Beredar Isu, Siantar Batal jadi Tuan Rumah Kickboxing PON 2024

Amin memastikan hasil uji ini akan menjadi evaluasi bagi kinerja pelatih dan atlet, serta menjadi bahan penilaian program pembinaan dalam persiapan latihan khusus jelang PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Dalam rangkaian kegiatan evaluasi program pembinaan prestasi emas cricket Sumut, uji ini dilakukan secara rutin setiap bulan. Amin berharap agar seluruh atlet mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kegiatan tersebut. Sebelumnya, uji fisik telah dilakukan pada Jumat (1/3/24) dan uji teknik pada Minggu (3/3/23).

Menurut Amin, unsur kondisi fisik seperti kecepatan memiliki peran penting dalam permainan cricket, baik sebagai penjaga (fielding) maupun pemukul (batsman). Sementara daya tahan aerobik juga menjadi faktor kunci dalam olahraga ini. Keberhasilan seorang atlet dalam menjalani aktivitas fisik sangat dipengaruhi oleh daya tahan tubuhnya.

Amin juga menyoroti pentingnya kekuatan fisik dalam cricket, terutama bagi pelempar dan pemukul. Kekuatan otot menjadi penentu dalam kecepatan lemparan dan daya hantam bola. Oleh karena itu, pelatihan kekuatan merupakan bagian penting dalam persiapan atlet cricket.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles