21.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Target 3 Emas PON 2024, Barongsai Sumut Panggil Pelatih Luar Negeri

Medan, MISTAR.ID

Cabang olahraga (cabor) barongsai yang dinaungi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus meningkatkan persiapan jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Selain dilatih oleh pelatih lokal, FOBI Sumut menyatakan telah rutin memanggil pelatih dari Pengurus Besar (PB) FOBI dalam setiap bulannya.

Hal itu disampaikan Sekretaris FOBI Sumut, Bobby C Halim saat ditemui di GOR Veteran, pada Selasa (18/6/24) sore.

Baca juga:Barongsai Dipertandingkan di PON 2024, Atlet Sumut Siap Raih Medali Emas

“Jadi untuk cabor barongsai dalam menatap PON kita sudah intensif latihan, fokus ke fisik dan menjaga stamina dari atlet, kami datangkan setiap bulan dari awal tahun pelatih dari PB FOBI,” ujarnya kepada mistar.id.

Tak tanggung-tanggung, FOBI Sumut pun terus menggeber skuat barongsai dengan mendatangkan pelatih dari luar negeri.

“Untuk training di luar negeri sudah kita lakukan sebelum saat ini. Kita pernah kirim ke Malaysia, tapi karena sudah dekat waktu PON nya, justru pelatih luar negeri yang kami bawa kemari,” tambahnya.

Pada PON 2024 nantinya, barongsai akan mempertandingkan 3 kategori yakni, barongsai, naga, dan pekingsai. Yang mana dari 3 kategori itu memiliki pecahan sebanyak 10 nomor pertandingan.

Baca juga:Edy Rahmayadi Dukung Penyelenggaraan Kejuaraan Barongsai Internasional di Sumut

“Kemudian untuk nomor-nomor tertentu kita datangkan dari luar negeri, Malaysia dan China untuk mematangkan teknik. Kejuaraan juga kita ikuti. Kemarin kejuaraan dari FOBI juga diikuti dan atlet kita sudah bisa berprestasi di turnamen itu,” ungkap Bobby.

Dia mengatakan, FOBI Sumut telah menaruh target pada ajang olahraga akbar nasional tersebut nantinya.

“Target FOBI Sumut sesuai dari arahan pak Ketua Umum (Ketum), kami optimis minimal 3 medali emas, kalau bisa lebih dari 10 nomor,” tuturnya.

Bobby juga menyampaikan rasa terima kasih pihaknya kepada pemerintah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) maupun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut yang selalu mendukung perkembangan barongsai Sumut.

Baca juga:34 Cabor PON 2024 Dimainkan di Sumut, Berikut Sebaran Daerahnya

“Untuk venue kami berterima kasih kepada pemerintah dan PB PON, walaupun lokasinya cukup jauh dari Kota Medan, yaitu di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang. Namun setelah dicek persiapan dan sarana prasarananya cukup baik, dan kami yakin semua bisa terpenuhi,” ungkapnya.

“Walaupun barongsai baru perdana dipertandingkan di Sumut, apalagi kita tuan rumah. Sejauh ini KONI Sumut selalu dukung dan perhatian dari mereka sangat kami rasakan, ada suplemen juga yang dibagi setiap bulan,” pungkas Bobby. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles