25.5 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Pemprov Sumut Tetapkan Lokasi Pertandingan PON 2024, Berikut Daftarnya

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terus memaksimalkan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024, dengan menetapkan lokasi pertandingan atau venue sejumlah cabang olahraga (cabor) yang tersebar di 8 Kabupaten dan Kota.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian menjelaskan, penetapan lokasi pertandingan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumut tentang penetapan venue cabor PON Aceh-Sumut yang telah disampaikan kepada Pemkab dan Pemko yang daerahnya dijadikan lokasi pertandingan nantinya.

“Renovasi harus dilakukan untuk semua venue yang telah ditunjuk, minimal sesuai dengan standar PON, seperti adanya perlengkapan ruangan pertemuan, kesehatan, kemudian ruang meeting, ruang juri, wasit dan ganti pakaian. Minimal 6 atau 7 ruangan yang dipersyaratkan dalam venue olahraga,” kata Baharuddin saat dikonfirmasi mistar.id, pada Kamis (20/7/23).

Baca juga: Persiapan PON 2024, Sport Center Sumut Dibangun Berstandar Internasional  

Dia juga mengatakan, untuk pembangunan lokasi pertandingan cabor lain juga terus berjalan. Seperti pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) Martial Art dan Stadion Madya Atletik di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deli Serdang yang dijadwalkan selesai pada bulan Desember 2023 ini.

Menurut Baharuddin, sejumlah venue yang telah ditetapkan antara lain, Kolam Renang Selayang untuk pertandingan polo air, renang indah, renang dan loncat indah.

Danau Toba (renang perairan terbuka dan ski air), Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center (atletik), Taman Cadika Medan (BMX), Tahura (MTB), Jalan Tol Medan-Tebing (road race), GOR Angsapura (tenis meja) dan GOR Veteran (tinju).

Baca juga: Venue Kick Boxing PON 2024, Begini Progres Pembangunan GOR Siantar

Lokasi lainnya adalah Gedung Serbaguna Unimed (barongsai), PT Taipan Asri Internasional (berkuda), Sirkuit IMI Sumut (balap motor), Sirkuit Motor Sumut Sporty Centre (motor cross), Pardede Hall (biliar), Four Point Hotel (binaraga), kawasan Sumut Sport Centre (voli indoor, cricket, gateball dan hockey outdoor), Pantai Cermin (voli pasir) dan Gedung Boling Sumut (bowling).

Berikutnya, Gedung PBSI Sumut (bulu tangkis), Santika Dyandra Convention (Dancesport), Stadion Unimed (drumband nomor LBJP), GSG Unimed (drumband nomor lbb dan LUG), Jalan Arteri Kualanamu (drumband nomor LKBB), Medan International Convention Center (esport), Royal Sumatera (golf) dan GOR Binjai (gulat).

Kemudian, Gedung Serbaguna Sumut (hockey indoor, senam artistic, ritmik dan acrobik), Martial Arts Sumut Sport Center (jujitsu, karate, taekwondo dan wushu), Auditorium PRSU (Kabaddi), GOR Pematang Siantar (kickboxing), GOR Lubuk Pakam (pencak silat), GOR Langkat (sambo), Stadion Mini Provsu (sepak bola putri), GOR Futsal Sumut (futsal) dan lapangan tembak Sumut (squash). (andreas/hm16)

Related Articles

Latest Articles